Media Hiburan dan Informasi

Adanya Tudingan Pembangunan Jalan Ngampon-Bendo Proyek Gagal, Komisi III Segera Lakukan Sidak

RADIOBOSSFM.COM, Trenggalek- Adanya pihak yang menuding bahwa proyek pemeliharaan jalan Ngampon – Bendo yang saat ini terjadi beberpa titik kerusakan merupakan proyek yang gagal. Menanggapi adanya anggapan tersebut, Ketua Komisi III DPRD Trenggalek, Sukarodin mengatakan jika ada yang menganggap gagal tentu mereka punya alasan. Namun begitu menurutnya penting untuk terlebih dulu dilakukan analisa termasuk melihat Rencana Anggaran Biaya (RAB) guna menentukan kualitas hasil pekerjaan.

“Yang namanya gagal itu kan macam macam. Bisa jadi perencanaanya yang keliru, sehingga yang ngerjakan sesuai dengan RAB, tapi bisa jadi perencanaanya sudah bener, yang mengerjakan belum menyesuaikan dengan perencanaan yang ada, alias belum sesuai dengan RAB,” ujar Sukarodin ketika dikonfirmasi usai menggelar rapat di gedung DPRD Trenggalek, Selasa (12/1).

Karena itu, lanjut Sukarodin, perlu dilakukan pengecekan terlebih dahulu jika ingin memberikan penilaian tentang proyek tersebut. “Tidak bisa dengan serta merta kita menilai ini bentuk proyek yang gagal bangunan. Jadi mesti diurut dulu, perencanaannya kayak apa. Kedua, kontur tanah sebelum dibangun itu kayak apa,” jelasnya.

Sukarodin juga mengakui bahwa pihaknya dari Komisi III secara formal belum sempat melakukan sidak di lapangan. “Secara formal belum, hanya secara person gitu kita lewat. Memang kita lihat, ya seperti itu, tentu kita prihatin,” ungkapnya.

Perlu diketahui, proyek pemeliharaan berkala jalan Ngampon – Bendo ini dibiayai dari DAK (Dana Alokasi Khusus) yang bersumber dari APBD Trenggalek tahun 2020 senilai 12,7 miliar. Proyek yang di dikerjakan oleh PT. Sarana Multi Usaha mulai 27 Agustus hingga 21 Desember 2020. 

Proyek pengaspalan jalan Ngampon-Bendo  yang saat ini masih menjadi tanggung jawab dari pihak penyedia jasa, untuk itu Sukarodin selaku anggota Komisi III DPRD Trenggalek meminta  agar segala kerusakan yang kini timbul, untuk segera dilakukan pembenahan sesuai dengan kontrak yang sudah ditandatangani.

Sukarodin juga menjanjikan bahwa pihaknya dari Komisi III dalam minggu ini akan segera melakukan sidak pada proyek tersebut. “Insya Alloh dalam minggu ini,” pungkasnya. [pit]

Berita Lainya