RADIOBOSSFM.COM
Take a fresh look at your lifestyle.

Aktivis Anti-Korupsi Donal Fariz, Puji Capaian Kinerja Positif Mas Ipin Selama Menjabat Kepala Daerah

RADIOBOSSFM.COM – Kedatangan Aktivis Anti-Korupsi Donal Fariz ke Trenggalek, menjadi motivasi tersendiri bagi Calon Bupati Trenggalek nomor urut 2, Mochamad Nur Arifin (Mas Ipin).

Mantan peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) yang juga hadir dalam agenda kampanye virtual, yang digelar di Posko Pemenangan Paslon Arifin-Syah, Jumat (30/10/2020).

Donal Fariz mengatakan, pertemuannya dengan Moc. Nur Arifin (Mas Ipin) dalam rangka untuk melakukan diskusi terkait pencapaian maupun rencana  pembangunan pemerintahan daerah yang bersih, khususnya pemerintahan di Kabupaten Trenggalek.

“Kami tentu sangat menyambut baik karena komunikasi dengan beliau bisa dilaksanakan dengan baik dan punya respons yang cepat untuk berdiskusi bagaimana membangun Trenggalek hari ini dan ke depannya,” kata Donal.

Mantan peneliti ICW ini juga memuji atas kinerja Mas Ipin selama menjabat menjadi kepala daerah. Menurut Donal, Mas Ipin tergolong positif karena tidak adanya desas-desus terkait persoalan kasus korupsi, baik dalam perizinan maupun anggaran pemerintah daerah. Selain itu Donal menilai Mas Ipin mempunyai komitmen yang kuat dengan anti-korupsi. 

Dari pencapaian tersebut, Donal berkeyakinan akan menjadi modal yang baik untuk berkolaborasi bersama membangun pemerintahan yang bersih. “Pertemuan hari ini menurut saya adalah langkah yang baik untuk bagaimana kita memikirkan membangun Trenggalek, membangun pemerintahan yang bersih dari lokal,” ucapnya.

Baik Donal dan Moch Nur Arifin berencana akan berkolaborasi dalam mewujudkan terget tersebut. “Dan untuk memastikan orang-orang yang bersih tidak terjerat atau dijerat dengan persoalan hukum yang kami pikir sumir atau tidak berdasar,” imbuh Donal.

Sementara itu seperti apa bentuk dan pola kolaborasi yang ia maksud, Donal masih belum bisa menjelaskan secara teknis. Ia berharap akan ada waktu yang tepat untuk membicarakan konsep-konsep yang lebih matang ke depannya.

Menambahkan apa yang di sampaikan Donal, Mas Ipin mengatakan komitmen anti-korupsi bisa diawali dengan membangun rasa saling percaya antara rakyat dan kepala daerah.

“Jadi saya sadar, membangun Trenggalek tidak bisa sendiri. Kami harus membangun ini bersama rakyat. Nah, salah satunya kita harus membangun kepercayaan,” kata Mas Ipin.

Ia memberikan contoh bentuk saling percaya dan saling menjaga kepercayaan itu, misalnya, dengan menjadi pemimpin yang tak mengemplang uang rakyat.

“Kalau rakyat nanti menitipkan uang (lewat APBD), jangan sampai uangnya terus kemudian ada terjadi tindak pidana korupsi,” ujarnya.

Sebagai upaya dalam pencegahan agar tidak timbul permasalahan tersebut, Mas Ipin mengatakan hal ini bukan baru di lakukan saat menjabat, tapi harus dimulai sejak masa kampanye.

“Caranya dengan menjadi berintegritas. Itu artinya tidak menjanjikan sesuatu yang tidak masuk akal untuk dikerjakan,” tutur Cabup Arifin.

Cabup yang berpasangan dengan Syah Natanegara ini, berkeinginan pondasi yang dibangun dalam kampanye selama ini berbasis kepercayaan, kecintaan, dan loyalitas antara calon pemimpin daerah dan rakyat. Dengan begitu Mas Ipin berkeyakinan, apabila hubungan tersebut di wujudkan, maka akan menjadi hal positif dalam satu gotong royong yang besar.

Berita Lainya