Media Hiburan dan Informasi

Sidak Bangunan Jalan Ngampon Bendo, Komisi III Temukan Beberapa Kejanggalan

RADIOBOSSFM.COM– Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Trenggalek lakukan inspeksi mendadak (sidak) pada proyek bangunan jalan raya Ngampon-Bendo. Proyek pembangunan jalan yang pengerjaanya selesai pada akhir Desember 2020 ini, kini diketahui sudah terjadi kerusakan di beberapa titik bahu jalan. Kerusakan diantaranya mengalami amblas hingga retak di beberapa lokasi.

Anggota Komisi III DPRD Trenggalek, Sukarodin mengatakan, setelah pihaknya melihat secara langsung kondisi jalan Ngampon-Bendo yang mengalami kerusakan, ditemukan beberapa masalah diantaranya dalam ketebalan maupun hasil aplikasi dari material jalan yang tidak bisa merekat dengan sempurna.

“Memang sama-sama kita lihat ketebalanya sekitar antara 1,5 cm sampai 2 cm, kemudian antara reflektornya dengan dasaranya hotmix tidak menyatu. Ini masalahnya karena suhunya apakah tingkat kebersihanya yang kurang, sehingga tidak menyatu karena banyak tanahnya” kata Sukarodin ketika di konfirmasi usai melakukan sidak pada bangunan jalan Ngampon-Bendo, Senin (18/1).

Dalam minggu ini, lanjut anggota Komisi III DPRD Trenggalek dari fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini, akan fokus melakukan pengecekan ke lapangan terlebih dahulu, baru minggu depan pihaknya akan melakukan evaluasi bersama dengan pihak OPD. 

“Ini mau kita cek, nanti lebih lanjut OPD kita panggil mau kita tanyai terkait tentang speak,” ujarnya.

Sementara itu dikonfirmasi terkait dengan terjadinya beberapa kerusakan bahu jalan Ngampon-Bendo yang tanahnya mengalami amblas, Sukarodin menerangkan kalau masih ada tanah yang menurun, ada dua hal yang perlu dicermati. Apakah kesalahan pada perencanaan atau dalam pelaksanaanya.

“Ada dua hal yang perlu dicermati, mungkin salah perencanaan yang dipakek untuk uruk ini apa, apa sirtu apa tanah liat atau apa, akan kita tanyakan pada OPD. Nanti akan kita lihat yang salah itu perencanaanya atau pelaksanaanya,” ungkapnya.

Perlu diketahui, proyek pemeliharaan berkala jalan Ngampon – Bendo ini dibiayai dari DAK (Dana Alokasi Khusus) yang bersumber dari APBD Trenggalek tahun 2020 senilai 12,7 miliar. Proyek yang di dikerjakan oleh PT. Sarana Multi Usaha, mulai pekerjaan 27 Agustus hingga 21 Desember 2020.

Berita Lainya