Media Hiburan dan Informasi

Awas! Tak Pakai Masker, Sidang di Tempat dan Denda menanti

RADIOBOSSFM.COM – Langkah tegas dalam menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya penegakan disiplin dalam percepatan dan penanganan persebaran Covid-19 di Trenggalek, kini tidak hanya sebatas imbauan ataupun gertak sambal semata. Namun denda mulai di berlakukan bagi siapapun pelanggar protokol kesehatan.

Petugas gabungan dari jajaran Polres Trenggalek, Kejaksaan, Pengadilan Negeri dan Satpol PP kini gencar melakukan operasi yustisi di berbagai titik lokasi. Setiap pelanggar protokol kesehatan langsung diberlakukan sidang ditempat. Selain di beberapa lokasi sebelumnya, kali ini operasi yustisi dilakukan di Jl. Ki Mangun Sarkoro tepatnya di samping pintu masuk terminal bus Surodakan Kabupaten Trenggalek Selasa (15/9).

Setiap kendaraan yang melintas baik roda 2 maupun roda 4 dihentikan dan diperiksa suhu tubuh terlebih dahulu menggunakan thermal gun. Jika diketahui tidak menggunakan masker, langsung diarahkan untuk mengikuti sidang ditempat. Dalam operasi tersebut tak sedikit warga yang terjaring lantaran tidak menggunakan masker.

Foto : Polres Trenggalek
Petugas gabungan melakukan Operasi Yustisi di Jl. Ki Mangun Sarkoro Trenggalek, Selasa (15/09/2020) Foto : Polres Trenggalek

 

Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring yang meninjau langsung jalannya operasi yustisi mengatakan, operasi ini merupakan upaya penegakan disiplin dalam rangka percepatan dan penanganan penyebaran Covid-19. Operasi tidak hanya di gelar di Kabupaten Trenggalek tetapi seluruh wilayah provinsi Jawa Timur.

“Tujuan mendasarnya adalah menggugah kesadaran masyarakat baik perorangan maupun kolektif untuk mematuhi protokol kesehatan saat beraktivitas dimanapun berada.” Ujar AKBP Doni.

Lebih lanjut AKBP Doni menegaskan, ketegasan melalui penegakan hukum ini merupakan tindak lanjut dari Inpres nomor 6 tahun 2020, Perda Jatim nomor 2 tahun 2020 dan Pebup nomor 31 tahun 2020, dimana didalamnya telah jelas diatur tentang sanksi bagi yang melanggar protokol kesehatan.

“Sanksi pelanggar protokol kesehatan berupa denda. Oleh sebab itu, kepada seluruh masyarakat Kabupaten Trenggalek  kami imbau ayo bersama-sama mematuhi protokol kesehatan. Pakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak aman.” pungkasnya.

AKBP Doni menjelaskan, kegiatan ini akan terus di gelar secara konsisten. Tidak hanya di wilayah dalam kota Trenggalek saja, namun kedepan akan diarahkan hingga wilayah kecamatan dan desa, yang muaranya adalah demi keselamatan dan kesehatan bersama.

Berita Lainya