RADIOBOSSFM.COM
Take a fresh look at your lifestyle.

Basmi Rokok Ilegal, Bea Cukai Blitar Sinergi Dengan Bag. Perekonomian Setda Trenggalek

RADIOBOSSFM.COM Bea Cukai Blitar gencar lakukan sosialisasi dalam pemberantasan rokok ilegal, serta merilis hasil penerimaan dan pengawasan hingga bulan Agustus 2020.

Sosialisasi kali ini Bea Cukai Blitar bersinergi dengan Bag. Perekonomian Setda Kabupaten Trenggalek, yang di kemas dalam sesi  talkshow di Radio BOSS FM, Rabu 15 September 2020.

Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Bea Cukai Blitar, Hendro Trisulo, dalam sesi talkshow menjelaskan terkait hasil penerimaan Bea Cukai Blitar hingga Agustus 2020.

“Alhamdulilah penerimaan di bidang cukai hingga agustus 2020 masih hijau dengan rincian sebesar Rp. 176.197.985.610 dengan target sampai akhir tahun sebesar Rp. 253.046.000.000 atau sudah 69,63% dari total target penerimaan 2020. Ini merupakan komitmen Bea Cukai Blitar dalam menghimpun penerimaan negara demi kepentingan masyarakat.” terang Hendro. 

Masih menurut Hendro, selain di bidang penerimaan, Bea Cukai Blitar juga berkomitmen dalam menekan pelanggaran di bidang cukai yang hingga saat ini masih marak terjadi.

”Di bidang pengawasan kami akan terus berupaya untuk memberantas rokok ilegal. Salah satunya yaitu dengan kegiatan operasi gempur yang dilaksanakan sejak tanggal 6 s.d. 31 Juli 2020,””tuturnya.

Dalam operasi tersebut Hendo menerangkan, Bea Cukai Blitar berhasil mengamankan hasil tembakau sebanyak 90.909 batang serta 109 botol HPTL. Nilai barang tersebut sebesar Rp. 70.424.520 dengan potensi kerugian negara mencapai Rp. 40.931.510.

Sementara itu bagian Pelaksana Pemeriksa KPPBC TMP C Blitar, Krisna Swanda yang juga hadir sebagai narasumber talkshow, ia menjelaskan dalam hal kerjasama yang sudah dan akan dilakukan Bea Cukai dengan Pemerintah Daerah.

”Pada tanggal 8 hingga 11 September lalu Bea Cukai Blitar bersama Disperindag, Satpol PP, Bag. Perekonomian serta Bag. Hukum Setda Blitar telah melaksanakan operasi gabungan dengan merazia rokok ilegal di wilayah Kab. Blitar. Dalam razia tersebut sebanyak 102 pak rokok ilegal berhasil diamankan.”ujar Krisna.

Disamping tindakan represif, Bea Cukai Blitar sinergi dengan Bagian Perekonomian Setda Trenggalek, dalam waktu dekat berencana lakukan tindakan preventif dengan melakukan sosialisasi secara tatap muka kepada para pedagang rokok eceran di wilayah Kabupaten Trenggalek.

“Jadwal sosialisasi rencananya akan kami selenggarakan di Kantor Camat Karangan pada tanggal 23 September dan Kantor Camat Pogalan tanggal 30 September 2020.

Lebih lanjut Krisna menegaskan, dalam rencana sosialisasi secara tatap muka nanti, mengingat saat ini masih di tengah pandemi Covid-19, maka dalam pelaksanaannya tidak mengundang banyak orang agar tidak menimbulkan kerumunan serta tetap disipln menerapkan protokol kesehatan. (wn)

Berita Lainya