Media Hiburan dan Informasi

Bawaslu : Kami Berterimakasih Kepada Siapapun Yang Membantu Sosialisasi Pencegahan Money Politik

RADIOBOSSFM.COM- Bawaslu Kabupaten Trenggalek himbau masyarakat agar ikut mensukseskan Pilkada 2020. Hal itu diungkapkan langsung oleh Ketua Bawaslu Trenggalek Ahmad Rokhani, Jum’at (27/11).

Rokhani mengharap kepada semua elemen masyarakat, termasuk tim sukses dan paslon untuk mensukseskan pilkada yang sehat dan berkualitas. Termasuk diantaranya bersama sama melakukan upaya pencegahan terjadinya praktik money politik (politik uang) yang selama ini sudah diangap biasa oleh masyarakat.

“Pada dasarnya pengawasan pelaksanaan pilkada ini adalah tanggungjawab masyarakat Trenggalek, jadi secara hakekat pengawasan pelaksanaan pilkada ini masyarakat Trenggalek punya kewajiban. Meskipun memang secara struktural Undang Udang telah mengamanatkan Bawaslu bersama jajaranya yang harus melakukan pengawasan,” ungkap Ketua Bawaslu.

Rokhani juga menjelaskan bahwa sebelumnya pihak Bawaslu juga sudah mengambil langkah sebagai upaya dalam mensosialisasikan pengawasan parsitipatif ini. Yakni dengan mengundang berbagai elemen masyarakat baik dari Akademisi, Kampus, Ormas Kepemudaan, Ormas Islam dan berbagai NGO lainnya.

“Kami sangat berterimakasih apabila ada pihak pihak yang bersama sama berkomitmen untuk melaksanakan upaya upaya meningkatkan proses demokrasi di Trenggalek yang berkualitas dengan cara sosialisasi pencegahan praktik politik uang,” imbuhnya.

Menutup keteranganya terkait politik uang, Rokhani menegaskan jika nanti ada yang kedapatan melakukan praktik money politik maka akan ada sanksi tegas bagi pemberi maupun penerima. Sebagaimana telah tertulis dalam Undang Undang Pilkada No. 10 Tahun 2016 Pasal 187A dikenakan denda 1 Milyar Rupiah dan Hukuman 6 tahun penjara. (pit)

Berita Lainya