Media Hiburan dan Informasi

Baznas Trenggalek Berikan Award Bagi UPZ Terbanyak

RADIOBOSSFM.COM- Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Trenggalek memberikan penghargaan kepada sejumlah Unit Pengumpul Zakat (UPZ) terbaik yang konsisten menunaikan kewajiban dalam membayar zakat, infak, sedekah (ZIS), Selasa (22/12/2020). Penghargaan di serahkan oleh Bupati Trenggalek, Moch. Nur Arifin pada acara BAZNAS Award di Pendapa Manggala Praja Nugraha Trenggalek. 

Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin mengapresiasi BAZNAS Award yang diselenggarakan oleh BAZNAS Trenggalek tersebut. Menurutnya, kegiatan ini ditujukan untuk memotivasi para pemberi zakat yang sudah rutin menyampaikan zakatnya.

“Kita beri apresiasi kepada mereka yang tertib membayar zakatnya. Zakat terbanyak dan juga PNS yang tertib 2,5 persen setiap bulan zakat profesinya ditunaikan, itu yang kemudian menjadi juara di Baznas Award,” terangnya.

Sementara itu terkait rencana Perbup Zakat, Nur Arifin mengatakan, salah satunya adalah turunan undang-undang zakat untuk melindungi bahwa semata mata membayar zakat adalah untuk melaksanakan bagian Islam dan tuntunan agama.

“Ditingkat daerah kita bikin Perbub sehingga bendahara nanti ketika melakukan pemotongan itu sudah atas persetujuan PNS. Kalau selama ini kan kita masih menggunakan manual, gaji di terimakan baru kemudian yang bersangkutan menunaikan zakatnya,” ujar Bupati Arifin.

Nur Arifin berharap dengan adanya Perbub, mereka yang beragama Islam sudah atas kesadaran sendiri untuk menunaikan zakat, sehingga nanti bendahara gaji bisa langsung melakukan memindah bukukan ke rekening Baznas yang telah di tunjuk.

Dalam Award tersebut, Ketua Baznas Kabupaten Trenggalek, Mahsun Ismail, melaporkan bahwa penerimaan Baznas pada tahun 2020 dari Zakat, Infaq, dan Shadaqah (ZIS) sebesar  Rp5,5 miliar dan total yang disalurkan sebesar Rp4,8 miliar.

Dari dana yang telah disalurkan tersebut di pergunakan diantaranya untuk bedah rumah tidak layak huni 75 unit, biaya hidup bulanan untuk 540 orang tidak mampu, pembayaran premi BPJS 814 orang tidak mampu, akomodasi pasien 75 orang perbulan, bantuan alat bantu bagi difabel, pemberdayaan ekonomi UMKM, bantuan biaya pendidikan, stimulus untuk mushola dan masjid serta masih banyak program unggulan lainnya, termasuk bantuan kepada masyrakat di masa pandemi Covid-19.

Dalam pengelolaan zakatnya, Baznas Trenggalek juga meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari lembaga KAP Kumalahadi, Kuncara, Sugeng Pamudji dan Rekan.

Dalam anugerah ini, Baznas memberikan penghargaan terhadap sembilan lembaga pemerintah yang tertib membayar dan menjadi UPZ terbanyak dana zakat.

Ke-9 lembaga tersebut adalah Setda Kabupaten Trenggalek, Kecamatan Munjungan, Puskesmas Baruharjo, Korwil Dikpora Watulimo, SMPN I Watulimo, SMKN I Watulimo, Kantor Kemenag Trenggalek, dan untuk Pelopor UPZ Desa, di raih oleh Desa Karangturi dan Desa Ngulung Kulon Kecamatan Munjungan.

Berita Lainya