Media Hiburan dan Informasi

Bupati Trenggalek Emil Dardak : Di bukanya Unit Stroke RSUD dr.Soedomo, Kini Pasien Stroke Bisa di Tangani Secara Intensiv

Reporter : Anggar Pito

bossfm917.com, TRENGGALEK- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr.Soedomo Trenggalek kini telah membuka layanan baru berupa layanan unit stroke. Unit layanan strokeini  di buka secara resmi oleh Bupati Trenggalek Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, Senin (12/11/2018)

Peresmian layanan unit stroke yang bertepatan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 Tahun 2018. Unit stroke RSUD dr. Soedomo ini adalah unit perawatan khusus pasien stroke yang akan memberikan perawatan yang intensiv dengan kecepatan pelayanan, kelengkapan fasilitas serta di dukung tenaga medis yang profesional guna meminimalkan dampak kecacatan akibat stroke.

” Ada kurang lebih 20% kasus yang masuk itu terkait stroke, hipertensi, yang memang penangananya membutuhkan team yang sangat terlatih. Jadi di unit stroke ini ada ruang konsultasi kusus, ruang gym untuk dia exercise lagi mobilitasnya. Dan teamnya lengkap mulai dari pakar nutrisi, fisioterapi, terapi wicara, dan termasuk tentunya dokter terapi syarafnya,” tutur Emil.

Beberapa fasilitas yang siap melayani kebutuhan pasien stroke telah dirancang dan disiapkan sedemikian rupa sehingga pasien yang masuk bisa tertangani dengan cepat.  Kamar tidur pasien, ruang gymnasium, musik terapi relaksasi, ruang family meeting adalah beberapa contoh fasilitas yang sudah ada dan dipersiapkan khusus bagi pasien yang membutuhkan perawatan medis.

Perencanaan perawatan dilakukan sejak pasien masuk sampai pulang disusun bersama oleh tim multidisiplin yang dipimpin oleh seorang dokter spesialis syaraf.

Program pelayanan di unit stroke ini berupa pelayanan komprehensif dari semua profesi, kecepatan pelayanan, mobilisasi dini di ruang gymna Tak hanya itu dari sisi SDM  juga telah dipersiapkan sejumlah tenaga profesional diantaranya dokter spesialis syaraf, perawat mahir stroke, fisioterapis, terapis.

Bupati Emil Dardak berharap, layanan unit stroke di RSUD dr. Soedomo ini menjadi layanan penanganan yang baik bagi para penderita stroke.

”Harapan saya unit stroke ini bisa menjadi penangan yang sangat baik untuk pasien pasien stroke, bisa juga bekerjasama dengan puskesmas untuk mensosialisasikan agar keluarga keluarga lebih tanggap terhadap potensi stroke. Di sini juga ada family unit dan cosultation,   karena tidak ada yang namanya penanganan pasien yang tidak lepas dari peran keluarga. Jadi keluarga benar benar sudah di edukasi,” pungkasnya.

Berita Lainya