RADIOBOSSFM.COM
Take a fresh look at your lifestyle.

Cawabup Zainal Fanani : “Kinerja Relawan Belum Tentu Tepat Sasaran” Ini Tanggapan Relawan Pasukan Pink

RADIOBOSSFM.COM– Salah satu program dari Pemkab Trenggalek yakni ‘Gerakan Tengok Bawah Masalah Kemiskinan’ (GERTAK) yang di inisisasi oleh Cabup petahana Moch. Nur Arifin dalam mengatasi masalah kemiskinan, mendapat apresiasi dari Cawabup paslon 01, Zainal Fanani.

Namun selain memberikan apresiasi, Zaenal juga menilai program Gertak masih belum tepat sasaran dikarenakan dalam pelaksanaan survey di lapangan yang hanya melibatkan para relawan.
“Jadi seperti relawan tadi kan saya lihat,apa ya??? Belum tentu tahu kondisi yg ada dibawah,” ujar Zaenal dalam sesi tanya jawab pada debat publik di televisi swasta, Kamis, 5 November 2020.

Melanjutkan tanggapannya, Zaenal mempunyai gagasan dalam program Gertak ini yang nantinya akan melibatkan semua komponen. Diantaranya melibatkan Perangkat Desa, Pengurus RT/RW dan tidak dari relawan yg tempatnya dari luar desa setempat.

Di kesempatan yang berbeda, Sutinah yang merupakan relawan Pasukan Pink dari program Gertak saat di konfirmasi reporter radio Boss terkait tupoksinya di lapangan, ia mengatakan khususnya untuk Kecamatan Kampak bahwa sebenarnya selama ini relawan pasukan pink tidak membenarkan apabila ada orang yg bilang bahwa kinerja relawan ini belum tepat sasaran.

Sutinah juga menjelaskan bahwa para pasukan pink sudah bekerja semaksimal mungkin dan sudah tepat sasaran.
“Ketika ada laporan dari salah satu warga masyarakat yg meminta bantuan entah itu santunan biaya hidup, kesehatan, ataupun akomodasi penunggu pasien, mereka team relawan pasukan pink selalu siap siaga 24 jam dan itu juga mengetahui RT/RW, Perangkat Desa, Kepala Desa bahkan juga mengetahui pihak Kecamatan,” terang Sutinah.

Masih kata Sutinah, bahwa kerja para relawan sudah berdasarkan dari laporan warga masyarakat setempat. Setelah dilakukan survey oleh relawan pasukan pink, dan dinilai sudah sesuai kriteria dan layak di berikan bantuan, maka team relawan akan datang ke kantor desa untuk melakukan verifikasi data. Setelah dilakukan verifikasi, relawan juga melakukan koordinasi dengan perangkat desa setempat untuk menyetujui soal adanya laporan tersebut.
Setelah selesai di tingkat desa, dilanjutkan ke tingkat Kecamatan untuk meminta tanda tangan dari pihak Kecamatan. Selesai di tingkat kecamatan, baru kemudian dibawa langsung oleh team relawan ke kantor Gertak.

Ditempat yg sama, Ihsanudin, selaku Kepala Desa Bogoran Kecamatan Kampak, juga membenarkan apa yg dikatakan oleh Sutinah. Menanggapi adanya informasi terkait para relawan Gertak yang tidak maksimal atau kinerjanya kurang tepat sasaran, Ihsanudin menilai hal itu justru bertolak belakang dengan kenyataan yg ada.

“Justru pihak desa merasa sangat terbantu dengan adanya pasukan pink ini dan mereka selalu koordinasi dengan team relawan, karena team relawan ini yang turun langsung ke lapangan,” ujar Ihsanudin.

Kepala Desa Bogoran ini juga menegaskan bahwa team relawan Gertak atau pasukan pink yang terbentuk adalah murni dari masyarakat sekitar yang sangat tau kondisi masyarakat dan wilayahnya. (pit)

Berita Lainya