Media Hiburan dan Informasi

Cegah Praktik Politik Uang, Bawaslu Trenggalek Lakukan Patroli Pengawasan

RADIOBOSSFM.COM- Untuk mengantisipasi adanya Money Politic di Pilkada tahun ini, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Trenggalek gelar giat Patroli Pengawasan Politik Uang. Patroli ini dilakukan dengan cara ledang selama masa tenang, mulai 06 Desember sampai hari H pemungutan suara.

Ketua Bawaslu Kabupaten Trenggalek, Rokhani, saat dikonfirmasi reporter radio Boss melalui sambungan telephon, Minggu (6/12/2020) mengungkapkan, patroli pengawasan politik uang ini digelar atas instruksi dari Bawaslu RI.

Giat patroli diawali dengan apel serentak di masing masing wilayah baik di Panwaslu Kecamatan maupun Panwaslu Desa dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Setelah apel, kemudian petugas melakukan patroli untuk mensosialisasikan pencegahan politik uang maupun pelanggaran lainya dimasa tenang, dengan berbagai kreatifitas di masing masing wilayah. 

“Jadi di masing masing titik berbeda, ada yang menggunakan ledang ada yang datang door to door ke beberap titik rumah warga yang aman dalam artian bukan terisolasi untuk menyampaikan bahwa politik uang itu melanggar aturan dalam Pilkada,” jelasnya.

Rokhani berharap kepada seluruh masyarakat agar menggunakan hak pilihnya pada tanggal 09 Desember, dengan datang ke TPS masing masing sesuai jam yang telah ditentukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Selain itu Rokhani juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menjaga dan mewujudkan Pilkada Trenggalek yang berkualitas diantaranya dengan tolak dan lawan politik uang. Karena menurutnya politik uang sangat berbahaya bagi proses demokrasi bangsa. 

“Apabila menemukan praktik praktik politik uang segera dilaporkan kepada jajaran kami baik di Pengawas TPS, Pengawas Desa dan Pengawas Kecamatan maupun Bawaslu Kabupaten,” tegas Ketua Bawaslu Kabupaten Trenggalek, Rokhani.

Berita Lainya