RADIOBOSSFM.COM
Take a fresh look at your lifestyle.

Di Trenggalek, Jokowi Prioritaskan Penggunaan Dana Desa Tepat Sasaran

BOSSFM917, Trenggalek- Setelah melakukan kunjungan kerja di Blitar dan Tulungagung, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, melakukan kunjungan kerjanya di Kabupaten Trenggalek, Jumat (4/1/2019).

Kedatangan Presiden Jokowi juga mendapatkan sambutan yang luar biasa dari masyarakat Trenggalek. Terlihat di sepanjang jalan yang akan di lalui Jokowi,hingga di alun  alun Trenggalek, warga dan juga pelajar , mereka rela menunggu sejak pagi untuk turut menyambut kedatangan Presiden.

Sesampai di Trenggalek Presiden Jokowi di sambut langsung oleh Bupati Trenggalek, Emil Elistianto Dardak dan Wakil Bupati M. Nur Arifin. Sejumlah pejabat di lingkup Pemkab Trenggalek, dan anggota DPRD Trenggalek juga turut menyambut kedatangan Jokowi.

Kunjungan Jokowi di Trenggalek, adalah memberikan sosialisasi prioritas penggunaan dana desa tahun 2019. Kegiatan yang di gelar di alun alun Trenggalek ini, di hadiri oleh seluruh Kepala Desa dan sejumlah perangkat desa se-Kabupaten Trenggalek. Presiden Joko Widdo Mensosialisasikan prioritas penggunaan dana desa tahun 2019

Dalam sambutanya Jokowi menekankan penggunaan Dana Desa harus tepat sasaran. Karena menurut Jokowi, itu merupakan kunci utama untuk membangun ekonomi kerakyatan di lingkup pedesaan. Jokowi juga berharap, Dana Desa yang bersumber dari APBN itu seharusnya dapat berputar di lingkup setempat.

“Misal infrastruktur jalan desa, jembatan, irigasi dan lain sebagainya. Usahakan material dibeli dari desa itu sendiri. Kalau tidak ada, desa tetangga maksimal lingkup kecamatan. Maka dari itu dari pembelanjaan material, kita ingin dana tersebut tetap beredar di desa itu. Usahakan dana tersebut terus berputar-putar di desa. Jangan sampai uang itu yang sudah kita serahkan langsung ke desa kembali ke Jakarta. Karena teori ekonominya, semakin banyak peredaran uang, kesejahteraan masyarakat akan semakin baik,” tutur Jokowi.

Jokowi menambahkan, melalui Dana Desa, diharapkan setiap desa untuk terus bisa berinovasi. Alokasi dana desa di seluruh Indonesia setiap tahunnya terus bertambah. Tahun 2016 lalu sebanyak 47 Triliun, tahun 2017 dan tahun 2018 sebanyak 60 triliun dan tahun 2019 sebanyak 70 triliun. Sedangkan untuk dana kelurahan di tahun 2019 sebanyak 3 triliun. Dengan itu sampai saat ini sudah ada 191 ribu kilometer, 24 ribu posyandu, 50 ribu PAUD, 8.900 pasar desa, 58 ribu irigasi dan 4.100 embung di seluruh Indonesia.

Usai memberikan sosialisasi prioritas penggunaan dana desa yang di gelar di alun alun Trenggalek, Presiden Jokowi beserta rombongan kemudian menunaikan sholat Jumat di Masjid Agung Baiturrahman Trenggalek. Usai kunjungan kerja di Trenggalek, Jokowi akan melanjutkan kunjungan kerjanya ke Kabupaten Ponorogo dan Madiun.

Reporter : Anggar Pito

Berita Lainya

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.