Media Hiburan dan Informasi

Dilengkapi Fasilitas Lift dan Penunjang Lain, Tak Lama Lagi Pasar Pon Trenggalek Segera Beroperasi

RADIOBOSSFM.COM- Pembangunan Pasar Pon Trenggalek pasca kebakaran beberapa tahun lalu, saat ini sudah dalam tahapan proses finishing dan di targetkan bisa di tempati pedagang pada Januari 2021 mendatang.

Bupati Trengglek Mochamad Nur Arifin yang meninjau pembangunan Pasar Pon , Senin (7/12/2020) menuturkan, progres fisik pembangunan Pasar Pon untuk bangunan hampir rampung 100 persen menunggu finishing. Bahkan Kementerian PU juga telah mengundang untuk proses serah terima barang milik negara tersebut.

“Harapannya bisa segera termanfaatkan, karena target kalau serah terimanya lancar Januari para pedagang sudah bisa menempati pasar yang baru,” ungkapnya.

Diharapkanya Tahun 2021 mendatang, tonggak sejarah perekonomian Trenggalek yakni Pasar Pon yang merupakan pasar bersejarah di Kabupaten Trenggalek ini, hadir dengan wajah barunya yang ditunjang pula beragam fasilitas lengkap.

Fasilitas baru Pasar Pon diantaranya dari sisi keamanan dilengkapi dengan 55 titik CCTV berteknologi artificial inteligent, Lift untuk memudahkan loading barang bagi pedagang yang mendapatkan slot kios pasar lantai atas, guiding block untuk para penyandang disabilitas, ram, dan sisi bidang miring mulai dari pintu masuk hingga ke dalam pasar.

“Nanti yang berbelanja dalam kapasitas cukup banyak bisa pakai troli nanti bisa naik lift maupun di bidang miring itu,” kata Bupati Nur Arifin.

Mas Ipin sapaan akrab Bupati Nur Arifin juga menyebut hal paling krusial selanjutnya adalah membagi penempatan.  Ia menuturkan Pemkab Trenggalek akan memprioritaskan bagi pedagang Pasar Pon yang terdampak kebakaran 2 tahun silam.

“Itu komitmen kami sehingga kami prioritaskan betul mereka yang terdampak kebakaran wajib mendapatkan penempatan kembali,” tegasnya.

Setelah itu apabila masih ada yang kosong, Arifin menjelaskan akan ditawarkan  kepada mereka para pedagang yang memiliki los kios yang lebih dari 1 sebelumnya, dengan perjanjian bahwa tidak boleh dipindah alihkan dan harus ditempati sendiri.

Bangunan semi modern Pasar Pon yang baru ini terdiri dari kurang lebih 700 los maupun kios. Untuk konsep pengelolaannya sendiri akan berbeda dalam hal fasilitas yang diberikan dan juga zonasi pedagang.

Arifin juga berharap Pasar Pon yang baru nantinya bisa semacam Hypermart, seperti tersedianya troli di pintu masuk untuk memudahkan dan memberikan kenyamanan pengunjung dalam berbelanja.

“Kalau nanti konsumen nyaman di dalam, semakin betah jalan jalan sehingga punya potensi untuk membeli dagangan pedagang,” pungkasnya.

Berita Lainya