Media Hiburan dan Informasi

Dinkes Trenggalek Mulai Distribusikan Vaksin Covid-19 Keseluruh Puskesmas

RADIOBOSSFM.COM, Trenggalek- Dinas Kesehatan Kabupaten Trenggalek telah menerima Vaksin Covid-19 tahap pertama yang dikirim dikirim dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa  Timur pada pada Selasa (26/1/2020). Pengiriman Vaksin ke Kabupaten Trenggalek dengan pengawalan ketat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) serta aparat kepolisian dari Polda Jatim maupun Polres Trenggalek.

Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Trenggalek, Saeroni, saat dikonfirmasi awak media mengatakan, sebanyak 2000 dosis vaksin tahap pertama yang di terima Dinas Kesehatan Kabupaten Trenggalek yang langsung di tempatkan pada penyimpanan yang telah disiapkan secara khusus.

“Langsung menuju ke gudang penyimpanan vaksin di area gudang farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Trenggalek,” ungkap Saeroni, Rabu (27/1)

Vaksin ini, lanjut Saeroni, rencananya akan langsung digunakan untuk vaksinasi pada tenaga kesehatan yang sudah mendapatkan alokasi tahap pertama sebanyak 1.730 vaksin atau 3.460 dosis yang sudah sesuai dengan SK (Surat Keputusan).

Untuk vaksinasi pada tahap pertama ini, kata  Saeroni, akan dilaksanakan Jum’at pekan ini di Pendopo Kabupaten Trenggalek. Selain tenaga kesehatan, vaksinasi juga akan digunakan bagi sepuluh orang pemberi pelayanan publik esensial yang meliputi Forkopimda, tokoh agama dan tokoh pemuda. Dengan kriteria mereka yang berusia 18 sampai dengan 59 tahun.

Vaksinasi tersebut, kata Saeroni, setelah tenaga kesehatan dan mereka yang menjadi prioritas selesai di tahap pertama, baru dilakukan tahapan tahapan berikutnya.

“Tahapan selanjutnya yaitu vaksinasi bagi pemberi pelayanan publik dan setelah itu  baru masyarakat,” kata Saeroni.

Perlu diketahui, Dinas Kesehatan Kabupaten Trenggalek hari ini sudah mulai mendistribusikan Vaksin Covid-19 ke seluruh Puskesmas se-Kabupaten Trenggalek. Sehingga diharapkan, vaksinasi bisa dilaksanakan serentak pada hari Jumat mendatang. (pit)

Berita Lainya