Media Hiburan dan Informasi

Disdukcapil Trenggalek Musnahkan 37.750 Keping KTP-el

bossfm917.com, Trenggalek- Sebanyak 37.750 keping KTP elektronik (KTP-el) rusak atau invalid dimusnahkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Trenggalek.

Pemusnahan KTP-el invalid ini sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan dan kewaspadaan dalam sistem administrasi kependudukan serta menghindari penyalahgunaan.

Plt. Kepala  Disdukcapil Kabupaten Trenggalek, Sigit Agus Hari Basuki, menjelaskan, pemusnahan KTP-el invalid adalah bentuk pencegahan penyalagunaan. “hal ini sesuai Surat Edaran Kementerian Dalam Negeri Nomor: 470.13/11176/SJ tentang Penatausahaan KTP-el rusak atau invalid,” ujar Sigit.

Sementara itu Sekretaris  Disdukcapil Kabupaten Trenggalek Anang Dwi Tjahjono menuturkan, pemusnahan KTP-el invalid di lakukan secatra bertahap. Tahap pertama secara serentak oleh Disdukcapil Kab/Kota Se-Indonesia yang di laksanakan  pada 14 Desember 2018. Disdukcapil Kabupaten Trenggalek memusnahkan dengan membakar 1.500 keping, tahap ke dua 7600 keping, tahap ke tiga 6100 keping, tahap ke empat 7200 keping, dan tahap ke lima sebanyak 15.350 keping KTP-el rusak atau invalid.

“ KTP-el yang dimusnakan dengan berbagai macam faktor, ada yang ganda, pindah rusak, kedaluarsa, dan meninggal dunia. KTP invalid itu terkumpul sejak tahun 2011 atau sejak adanya pemberlakuan KTP elektronik,” tutur Anang.

Anang menjelaskan, sejak tahap pertama hingga tahap ke lima pada hari Kamis 20 Desember 2018, total KTP-el invalid yang telah di musnahkan dengan cara di bakar oleh Disdukcapil Kabupaten Trenggalek sejumlah 37.750 keping.

“Tahap selanjutnya akan di lakukan pemusnahan rutin harian untuk KTP-el rusak atau invalid dari hasil pelayanan penerbitanKTP-el harian dan di laksanakan setelah jam pelayanan,” pungkas Anang.

Berita Lainya