Media Hiburan dan Informasi

Emil Dardak : Peran Kesiapsiagaan Linmas Dalam Tanggap Bencana, Jadi Unsur Terpenting

bossfm917.com, TRENGGALEK- Tingkatkan pemahaman penanganan bencana, Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Jawa Timur gelar “Simulasi Peningkatan Peran dan Kesiapsiagaan Bencana Satlinmas dan Masyarakat Terhadap Bencana”. Acara di gelar pada Kamis (27/9/2018) di Lapangan Desa Karangsoko Trenggalek.  Hadir dalam acara ini, Bupati Trenggalek Dr. H. Emil Elestianto Dardak, M.Sc dan Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Jawa Timur serta perwakilan dari seluruh Satpol PP dari seluruh Kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Timur.

Dalam sambutanya Bupati Emil Dardak menuturkan, Peran dan fungsi satuan Linmas pada saat terjadi bencana menjadi unsur terpenting sebagai perwakilan pemerintah di tingkat desa/kelurahan dalam membantu proses tanggap darurat bencana sampai ada tindakan atau bantuan dari pihak terkait. Emil menambahkan , bentuk topografi Trenggalek sendiri yang dua pertiganya merupakan wilayah pegunungan dengan batuan vulkanik muda yang rentan patah, membuat Kabupaten Trenggalek menjadi daerah rawan bencana, utamanya bencana tanah longsor. Selain itu kecuraman dan kemiringan juga menjadi salah satu faktor penentu tingkat kerawanan bencana di Trenggalek.

Oleh karena itu melalui simulasi dan disiplin ilmu yang telah diterbitkan, Bupati Trenggalek  berharap linmas bisa menjadi ‘agent of change’, agen perubahan dalam ketanggapan potensi bencana.

Berita Lainya