Media Hiburan dan Informasi

Gandeng Komunitas Jeep, Disparbud Trenggalek Lakukan Survei Jalur Wisata Petualangan

Wisata petualangan Dilem Wilis Trenggalek adalah salah satu alternativ wisata alam yang layak dan cocok bagi anda yang berjiwa petualang

RADIOBOSSFM.COM, Trenggalek- Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek menggandeng komunitas Jeep Trenggalek (Jeegal), melakukan survei jalur petualangan kawasan wisata Dillem Wilis yang berada di Desa Dompyong, Kecamatan Bendungan, Kabupaten Trenggalek, Kamis (28/1).

Kepala Bidang Destinasi Wisata, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek, Tony Widiarto, saat ditemui dilokasi mengatakan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari hasil koordinasi antara Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Dinas Pertanian dan Pangan serta komunitas Jeep Trenggalek (Jeegal).

“Ini sebagai bentuk dukungan resolusi dari Bupati Trenggalek di tahun 2021 dalam rangka mewujudkan atau mengembangkan wisata petuaalangan di Kabupaten Trenggalek,” ungkapnya.

Wisata petualangan, kata Tony, dianggap cocok dikarenakan Trenggalek memiliki kondisi geografis dan potensi alam yang luar biasa dengan 50 persen dari kawasan Trenggalek yang merupakan kawasan hutan. Kemudian hampir 70 persen yang merupakan berupa bukit dan pegunungan. Maka dari itu wisata petualangan adalah salah satu alternativ wisata yang layak dan cocok untuk di tawaarkan Trenggalek. 

“Makanya dari sisi kewilayahan kami mencoba menggarap kegiatan ini pertama di Dillem Wilis, karena merupakan kawasan strategis di lingkar wilis yang juga di amanatkan dalam perpres Nomor 80 tentang pengembangan kawasan di selingkar Wilis,” kata Tony.

Kabid Destinasi Wisata Disparbud ini juga berharap, khususnya pada komunitas Jeep Trenggalek kedepannya bisa berpartisipasi di lokasi wisata petualangan Dillem Wilis. Diantaranya dengan menciptakan sebuah atraksi wisata dalam bentuk wisata petualangan tour mengelilingi kawasan wisata Dillem Wilis menggunakan kendaraan Jeep. “Yang mana itu menjadi bagian dari strategi pemasaran dalam bentuk paket wisata petualangan,” imbuhnya.

Terkait beberapa resolusi Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin di tahun 2021, Tony dalam keteranganya mengatakan, pertama adalah pengembangan 100 desa wisata di Kabupaten Trenggalek. Kedua, menciptakan wisata petualangan, dan yang ketiga adalah mengusung konsep ekowisata atau ekoturisme.

“Karena ini sejalan dengan jargon beliau (Bupati-Red) yaitu trenggalek meroket. Dimana ekowisata merupakan salah satu konsep yang berorientasi pada pelestarian lingkungan,” jelasnya.

Alasan Disparbud bekerjasama dengan Dinas Pertanian dalam menciptakan wisata  petualangan di kawasan Dillem Wilis dikarenakan Dinas pertanian selama ini sudah memiliki beberapa kegiatan di agrowisata. Diantaranya dalam peningkatan poroduksi pertanian serta pengembangan teknologi pertanian. Sehingga hal tersebut dianggap cocok untuk dikemas sebagai paket wisata edukasi pertanian.

“Ini menjadi salahsatu atraksi wisata yang bisa di tawarkan dalam wisata petualangan Jeep di Dillem Wilis ini,” ujar Tony.

Di lokasi wisata ini, lanjut Tony, para wisatawan bisa belajar tentang bagaimana cara  pengolahan kopi, tentang cara pengolahan minyak atsiri, maupun  belajar dalam bidang peternakan sapi perah yang semua sudah ada di Dillem Wilis.

Selain view agrowisata yang eksotis, banyak hal lain yang bisa di dapatkan pengunjung di lokasi wisata ini. “Kita juga bisa berinteraksi dengan masyarakat yang ada disekitar Dillem Wilis, menikmati aktivitas masyarakat pedesaan di wilayah Kecamatan Bendungan, khususnya di desa Dompyong dan Boto Putih,” terang Tony.

Di masa pandemi yang belum diketahui kapan usai, ditambah adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang diantaranya dilakukan penutupan pada destinasi wisata. Untuk itu Disparbud Trenggalek berharap semua kegiatan wisata sekiranya bisa diarahkan untuk dijual dalam bentuk paket wisata.

“Karena melalui paket inilah kita bisa membatasi pengunjung, bisa mengendalikan aktivitasnya, dan bisa mengetahui asal usul dari para pengunjung,” pungkas Kabid Destinasi Wisata, Disparbud Trenggalek.

Berita Lainya