RADIOBOSSFM.COM
Take a fresh look at your lifestyle.

GELAS MEMPESONA HATI TRENGGALEK JADI TOP 40 INOVASI PELAYANAN PUBLIK

bossfm917.com Inovasi “Gelas Mempesona Hati” (Gerakan Lansia Sehat Mewujudkan Maysarakat Peduli Persoalan Kesehatan di Hari Tua Nanti) dari Puskesmas Trenggalek akhirnya terpilih sebagai Top 40 Tahun 2018. Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2018, yang di selenggarakan oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB).

Penghargaan Top 40 Inovasi Pelayanan Publik ini di terima langsung oleh Wakil Bupati Trenggalek, Moch. Nur Arifin pada ajang International Public Service (IPS) Forum 2018 di JCC (Jakarta Convention Center).

Wabub Arifin mengatakan, Inovasi Gelas Mempesona Hati ini merupakan gagasan program dari Puskesmas Trenggalek, dalam meningkatkan kualitas kesehatan para lansia.

“Pada ikatan yang terjalin, ada enam kegiatan dalam inovasi ini yang tidak terlepas dari fungsi puskesmas. Yakni, Gelas Emas yaitu gerakan lansia energik, mandiri, aktif, semangat. Kedua, Gelas Perak, yaitu perluas akses layanan kesehatan, mendekatkan akses layanan keseharan dengan pembentukan Posyandu Lansia,” tutur Arifin.

Ditambahkan Arifin, Ketiga, Gelas Perunggu, persingkat waktu tunggu. Keempat, Gelas Besi yaitu beri layanan gizi, konsultaai pengetahunan tentang gizi, pengaturan makanan pada lansia khususnya yg terkait dengan penyakit degeneratif. Kelima, Gelas Granit yaitu gigi rapi bersih kini hingga nanti. Keenam adalah Gigi Timah, ‘tindak’ ke rumah, melakukan kunjungan ke rumah lansia yang termasuk kategori rawan.

Sebelum bertengger di Top 40,  inovasi ini harus berkompetisi dengan 2.824 proposal inovasi se Indonesia. Inovasi Gelas Mempesona Hati,pada bulan Juli lalu di presentasikan langsung oleh Bupati Trenggalek Emil Elistianto Dardak di hadapan Tim Panel Independen Kementerian PANRB . Setelah melalui tahap penyaringan akhirnya inovasi dari Puskesmas Trenggalek ini berhasil masuk Top 99.

Hadir dalam acara penyerahan penghargaan tersebut, Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Wamenlu Abdurrahman Mohammad Fachir sejumlah Gubernur, Bupati, Walikota serta beberapa pejabat lainnya.

“ Dari top 40 kemarin antara lain 3 penghargaan untuk kementerian, dua instansi dari Polri, enam untuk pemerintah provinsi, 13 pemerintah kabupaten dan tujuh pemerintah kota,” pungkas Arifin.

Berita Lainya

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.