Media Hiburan dan Informasi

Hasil Operasi Gempur, Bea Cukai Blitar Musnahkan 102.228 Batang Rokok Ilegal

RADIOBOSSFM.COM- Kantor Pengawasan Dan Pelayanan Bea Cukai Type Madya Pabean C Blitar gelar Pemusnahan Barang Milik Negara Hasil Penindakan di Bidang Cukai, Kamis (10/12/2020).

Barang bukti yang dimusnahkan merupakan hasil penindakan Operasi Gempur yang di gelar Juli hingga Oktober 2020. Barang Milik Negara hasil penindakan yang dimusnahkan sebanyak 102.228 batang rokok, 810 Gram TIS dan 130 botol HPTL, dengan total nilai barang sebesar Rp. 108.442.170 dan berpotensi merugikan negara sekitar Rp 48.808.293.

Kepala Bea Cukai Blitar, Akyat Mujayin mengungkapkan untuk penindakan sekarang pihaknya melibatkan Satpol PP dan Pemerintah Daerah agar ikut berperan dalam melakukan gempur rokok ilegal.

“Jadi teman teman Satpol PP kita libatkan, Pemerintah Daerah kita libatkan, agar mereka ikut care dalam pelaksanaan gempur rokok ilegal maupun BKC (Barang Kena Cukai) lainya”. ungkap Mujayin.

Lebih Jauh Mujayin mengatakan bahwa selama ini pihaknya mengalami kendala keterbatasan anggota. Sehingga pihaknya berkoordinasi dengan satpol PP agar memiliki visi yang sama dengan Bea Cukai dalam pemberantasan rokok ilegal.

“Makanya kenapa pemerintah pusat sekarang juga menyalurkan Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau. Salah satunya dalam mengelola DBHCHT itu adalah pemberantasan rokok ilegal. Dari dana itu kawan kawan Satpol PP memanfaatkan untuk berkoordinasi dengan kita dalam rangka kita menggempur pasar atau daerah yang biasanya dijadikan sebagai pasar rokok ilegal”

Perlu diketahui selama tahun 2020 Bea Cukai Blitar telah berhasil mengamankan Hasil Tembakau dan Hasil Pengolahan Tembakau Lainya dan MMEA Ilegal dengan perkiraan nilai barang
Rp.700.400.800 yang merugikan negara sebesar Rp 377.359.912. (pit)

Berita Lainya