Media Hiburan dan Informasi

Ipin-Syah Unggul Dalam Setiap Sesi Debat Pilkada

RADIOBOSSFM.COM- Hari Minggu, 29 November 2020 adalah debat publik calon Bupati dan Wakil Bupati Trengalek putaran ke tiga yang mengambil tema ‘Sosial Budaya dan Kebangsaan’. Seperti biasa, debat disiarkan langsung melalui salah satu televisi swasta dan menjadi tontonan menarik bagi masyarakat Trenggalek, karena dari sini masyarakat bisa paham akan visi misi sekaligus rencana para paslon yang di dukungnya.

Dalam debat kali ini kita bisa mengetahui bagaimana paslon nomor urut 02 Mochamad Nur Arifin-Syah Muhammad Natanegara dengan lugas dan jelas dalam menjawab dan menanggapi setiap pertanyaan dari panelis.

Seperti pertanyaan tentang strategi dan program unggulan dalam hal perlindungan pada anak dari kekerasan. Dengan lugas Mas Ipin menjawab bahwa selama ini pihaknya sudah berupaya maksimal untuk memberi perlindungan kepada anak dan perempuan. Beberapa program yang sudah di realisasikan diantaranya dengan mendirikan Rumah Perlindungan dan Pemberdayaan Perempuan dan Anak di setiap desa. Selain itu juga sudah di dirikan Rumah Perempuan yang otomatis bisa menjadi umbrella program atau program payung sebagai akses dalam memberikan perlindungan terhadap perempuan.

“Kita memang butuh gerakan ini menjadi gerakan bersama dengan masyarakat. Karena sebuah program tidak akan efektif menyentuh, karena ini butuh kesadaran bagaimana rumah diciptakan menjadi rumah yang nyaman bagi anak,” imbuhnya.

Kemudian terkait kemajuan peradaban sebuah wilayah Mas Ipin juga akan memberikan ruang yang luas dalam berkesenian bagi masyarakat Trenggalek. Mas Ipin berencana membangun jantungnya Trenggalek adalah kota budaya, karena menurutnya setiap jengkal tanah Trenggalek adalah panggung kesenian dan berkebudayaan.

Sedangkan untuk perlindungan hukum bagi Kelompok Rentan Mas Ipin sudah membuat Perbup No.1 Tahun 2019, yang memastikan kelompok rentan diakui haknya dalam peran pembangunan, dan kelompok rentan berhak beropini melalui musyawarah khusus perempuan, anak,  kelompok rentan dan disabilitas.

“kita sebetulnya sudah memposisikan setiap suara di Trenggalek perlu didengar dan mari sekarang kita jaga,” sambung Mas Ipin memberikan tanggapan.

Dalam sesi closing statement ada hal unik yang dilakukan Cawabup Moch. Nur Arifin. Umumnya kandidat lain dalam sebuah debat memanfaatkan closing statement untuk mencoblos mereka, akan tetapi Mas Ipin justru mengajak doa bersama agar proses Pemilu berjalan baik. Banyak kalangan yang menilai hal tersebut menjadi strategi cerdas dan percaya diri dari seorang petahana yang sudah cukup yakin dengan pilihan rakyatnya. 

Sebelum mengajak doa bersama, Mas Ipin mengambil sebuah filosofi dari tiga tokoh pewayangan. Dimana tiga sifat dari tokoh tersebut dijadikan sebuah gambaran pesan moral sebagai cita cita rakyat dan restu rakyat. Dengan begitu maka akan muncul pemimpin yang betul betul di harapkan oleh rakyat. (pit)

Berita Lainya