RADIOBOSSFM.COM
Take a fresh look at your lifestyle.

Kamu Tipe Introvert Atau Ekstrovert? Yuk Kenali Ciri Hingga Perbedaannya!

RADIOBOSSFM.COMKita sering kali mendengar seseorang yang mengatakan dirinya adalah sebagai seorang introvert ataupun ekstrovert. Tapi sudah tahukah anda, apa definisi perbedaan dari dua kepribadian ini??

Kepribadian seseorang bisa sangat berpengaruh bagaimana dalam berinteraksi dengan lingkungan ataupun orang-orang sekelilingnya.

Seseorang bisa menentukan bagaimana dalam berinteraksi dan bereaksi dengan dunia sekitar. Dengan demikian, jangan asal melabeli diri sendiri sebagai seorang introvert maupun ekstrovert.

Berikut definisi dan perbedaan dari keduanya menurut pendapat para ahli tentang introvert, ekstrovert.

 

1. Introvert

Istilah introvert pertama kali dipopulerkan oleh seorang tokoh Ilmu Psikologi Carl Gustav Jung. Jungl berasumsi introvert sebagai kaum minoritas. Namun demikian, peranan mereka dalam kehidupan sosial sangat menonjol. Jung mengatakan, orang-orang introvert adalah mereka yang terampil dalam melakukan perjalanan ke “dunia dalam”, yaitu diri mereka sendiri. 

Orang yang introvert itu biasanya juga,

  • Memperbanyak waktu untuk me time
  • Hobi banget sendirian
  • Senang topik pembicaraan yang berat dan mendalam
  • Senang suasana hening
  • Senang kumpul dengan sedikit orang
  • Senang mengutarakan pemikiran lewat tulisan
  • Selalu berpikir panjang sebelum berbicara
  • Suka bisa mengerti suasana hati orang lain
  • Cermat dalam mengamati keadaan sekitar
  • Terlihat tenang dan santai

Mitosnya

Introvert adalah orang yang pemalu

Faktanya

Introvert memang bisa saja pemalu, tetapi tidak semua orang pemalu adalah seorang introvert. Justru, rasa malu mereka timbul bukan karena tidak percaya diri, tapi lebih pada lamanya cara respons mereka ketika dihadapkan pada situasi yang ramai dan bertemu orang banyak.

2. Ekstrovert

Kontras dengan introvert, ekstrovert umumnya digambarkan sebagai seseorang yang memiliki sifat terbuka, berenergi tinggi, dan/atau cenderung banyak berbicara.

Menurut Psychology Today, ekstrovert secara umum cenderung menikmati situasi sosial, suka dengan hal-hal baru, merasa nyaman dalam berorganisasi maupun dengan sebuah komunitas, dan lebih suka pada kesibukan atau kegiatan yang padat.

Ekstrovert mendapatkan kepuasan dari luar diri seseorang. Orang seperti ini cenderung menikmati interaksi manusia, antusias, banyak bicara, asertif, dan suka menjalin pertemanan.

Ciri-ciri ekstrovert

Senang berkumpul dengan banyak orang. Ekstovert dengan bertemu orang banyak orang membuat dirinya merasa lebih bersemangat.Mereka tidak membutuhkan, atau bahkan tidak menyukai “me time”. Baginya, “me time” hanya akan membuat kebosanan dan kesepian.

Ekstrovert adalah orang social butterfly yang memiliki banyak teman. Sering kali teman sekelilingnya heran karena ekstrovert  bisa berteman dengan orang yang di luar ekspektasi.

Ia juga menjadi orang yang optimis dan terbuka. Meski dalam situasi yang sulitpun tetap berpikiran positif dan tidak berlarut-larut dalam masalah.

Sebagaimana introvert yang memiliki spektrum introversi yang dominan, ekstrovert memiliki spektrum ekstroversi yang lebih dominan. Ekstrovert umumnya lebih menyukai pekerjaan dalam kelompok, seperti pengajar, pebisnis, ataupun politisi.

 

Berita Lainya