Media Hiburan dan Informasi

Kelompok Tani Dan Peternak Sapi Kecamatan Pule Siap Menangkan Ipin-Syah

RADIOBOSSFM.COM- Calon Bupati dari Petahana, Mochamad Nur Arifin, Kamis (03/12/2020) kembali berkunjung ke Kecamatan Pule dan bertemu dengan kelompok peternak sapi perah Tunggal Margo yang berada di Desa Tanggaran.

Ditemui di lokasi peternakan, Mas Ipin mengungkapkan bahwa peternakan sapi perah disini secara ekonomi sudah sangat baik. Hanya saja dari sisi harga memang agak turun di bandingkan daerah lain. Hal tersebut terjadi karena antara kapasitas jumlah sapi dan jumlah produksi susu tidak berimbang dengan biaya transportasi.

Menurut Arifin, sebenarnya tidak ada kendala dipeternakan ini. Untuk itulah Arifin berharap populasi sapi disini semakin padat sehingga jumlah susu yang dihasilkan semakin banyak. Dengan semakin banyaknya hasil, maka otomatis akan mengundang suplier untuk membelinya.

“Jadi saya pingin karena disini hasilnya baik, bahkan saya tadi bertanya apakah ada kendala terkait pakan dan lain lain ternyata tidak, ya maka kita harus menambah jumlah populasi yang disini baik lewat hibah pembibitan maupun inseminasi buatan,” ujar Cabup Nur Arifin.

Cabup Moch. Nur Arifin melakukan dialog bersama kelompok peternak sapi perah Tunggal Margo Desa Tanggaran, Kecamatan Pule. Kamis (3/12/2020). Foto : Anggar Pito/Radio Boss

Selain meninjau peternakan sapi perah Mas Ipin juga melakukan pengenalan pupuk organik. Dia bersama Tim terus menggelorakan terkait pupuk organik ini, karena Mas Ipin ingin konsep petani berproduksi murah sehingga produk yang dihasilkan menjadi produk sehat dan minim zat kimia.

“Itu bisa jadi peluang usaha petani untuk bisa menjadi produsen kemudian menjual pupuk organik mereka sendiri,” Kata Mas Ipin.

“Satu kebutuhan pupuk terjawab, kedua bisa jadi lapangan pekerjaan dan bisa jadi tambahan penghasilan untuk petani,” imbuhnya.

Cabup nomor urut 02 yang berpasangan dengan Syah Natanegara ini mengatakan, bahwa Kecamatan Pule sudah menjadi kawasan pusat strategis dan Kawasan Ekonomi Pedesaan di Kabupaten Trenggalek.

“Di Pule ini khususnya untuk geofarmaka seperti empon empon bahkan tanaman porang juga salah satunya disini, kemudian sapi juga ada disini, kita pemerintah mungkin PR progres saya memperbaiki insfrastruktur biar hasil hasil pertanian, peternakan bisa terkirim ke pasar lebih baik.

Selain itu penyiapan hilirisasi menurut Mas Ipin juga akan dilakukan agar semua hasil usaha bisa memiliki nilai tambah.

Sementara itu, Muyadi salah satu warga Desa Tanggaran mengaku bangga dan berterimakasih atas kedatangan Mas Ipin, yang mau mengunjungi para petani kebun dan peternak di desanya.

” Saya peternak dan petani kebun ini kedatangan Pak Ipin kayak mimpi apa ya, ini kebanggaan saya dan masyarakat sini. Pasti kami mendukung dan mendoakan Pak Ipin, bahkan selain saya hewan hewan ternak ini juga ikut mendoakan Pak Ipin jadi Bupati,” kelakar Muyadi.

Kelompok peternak sapi perah Tunggal Margo dan Kelompok Tani Desa Tanggaran mengaku siap memenangkan Ipin-Syah pada Pilkada 9 Desember nanti. Mereka juga berharap Mas Ipin bisa menjabat Bupati kembali agar bisa melanjutkan program programnya untuk kemajuan di desanya dan kemajuan Kabupaten Trenggalek. (pit)

Berita Lainya