RADIOBOSSFM.COM
Take a fresh look at your lifestyle.

Lampaui Target, Tahun 2018 Penerimaan BAZNAS Trenggalek Capai 3,5 Miliar

bossfm917.com- Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Trenggalek berikan penghargaan kepada sejumlah Unit Pengumpul Zakat (UPZ) terbaik yang konsisten menunaikan kewajiban dalam membayar zakat, infak, sedekah (ZIS) di tahun 2018, Rabu (26/12/2018) di Pendopo Manggala Praja Nugraha Trenggalek.

Tahun 2018 ini ada 6 UPZ terbaik yang diberikan penghargaan oleh Baznas Trenggalek diantaranya, Kecamatan Munjungan sebagai UPZ pengumpul ZIS terbaik tingkat kecamatan, BKD sebagai UPZ pengumpul ZIS terbaik tingkat OPD, Puskesmas Slawe sebagai UPZ pengumpul terbaik tingkat Puskesmas. Sedangkan Korwil Disdikpora Karangan sebagai UPZ pengumpul terbaik tingkat korwil Disdikpora, SMPN 1 Tugu sebagai UPZ pengumpul ZIS terbaik tingkat SMPN dan Kantor Kemenag Trenggalek sebagai UPZ pengumpul ZIS terbaik tingkat instansi vertikal.

Pemberian award kepada UPZ terbaik ini diharapkan dapat meningkatkan sekaligus merangsang para muzakki untuk lebih giat lagi menunaikan kewajibannya dalam membayar zakat.

Ketua BAZNAS Trenggalek, Mahsun Ismail sangat bersyukur penerimaan BAZNAS di tahun 2018 ini bisa melampaui target. “ZIS yang dikumpulkan oleh BAZNAS Trenggalek tahun 2018 mencapai Rp. 3,5 miliar, melampaui target yang ditetapkan Rp. 3 miliar. Capaian ini tentunya tidak lepas sari peran serta dari semua pengurus UPZ yang ada,”tutur Mahsun.

Baca JugaBerdayakan Masyarakat Miskin, Baznas Trenggalek Berikan Bantuan 23 Gerobak Gratis

Ditambahkan Mahsun, BAZNAS Trenggalek juga rutin melakukan audit external, dan patut disyukuri pada tahun 2017 kemarin mendapatkan predikat WTP atas laporan keuangan yang dikelola. Selain itu, BAZNAS JUGA telah menyusun beberapa program atas ZIS yang diterima.

Untuk zakat sendiri ada program Trenggalek Sehat yang diperuntukkan untuk bantuan BPJS miskin, santunan hutang rumah sakit, maupun akomodasi pasien. Terus ada program Trenggalek Peduli yang diperuntukkan untuk bedah rumah, alat bantu difabel, biaya rutin bulanan bagi orang fakir dan masih banyak program lainnya.

Sedangkan untuk penyaluran infaq ada program Trenggalek Taqwa yang diperuntukkan untuk pembangunan Masjid, sertifikasi tanah wakaf dan beberapa kegiatan yang lain. Trenggalek Peduli diperuntukkan untuk pembangunan MCK, santunan panti asuhan.

Sementara itu, Bupati Trenggalek Emil Elestianto Dardak, juga sangat mengapresiasi akan kinerja BAZNAS Trenggalek. “Capaian WTP yang diraih oleh BAZNAS Trenggalek merupakan prestasi yang luar biasa yang perlu mendapat apresiasi bersama,” ujar Emil.

Ditambahkan Emil, Eksistensi BAZNAS tidak lepas dari peran serta masyarakat dan juga pengelolaan ZIS yang dilakukan dengan baik. “Pemerintah mempunyai banyak keterbatasan, sedangkan kehadiran BAZNAS ini menjadi obat pelengkap dari keterbatasan itu. Bersinergi dengan GERTAK (Gerakan Tengok Bawah Masalah Kemiskinan), BAZNAS Trenggalek telah banyak mengatasi permasalahan kemiskinan di Trenggalek,”pungkas Emil.

Berita Lainya

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.