RADIOBOSSFM.COM
Take a fresh look at your lifestyle.

Meriah dan Sakral, Kirab Pusaka Peringati HUT Trenggalek ke-824

bossfm917.com, Trenggalek Hari Jadi Kabupaten Trenggalek yang di peringati setiap tanggal 31 Agustus, yang Tahun 2018 ini memasuki usia ke-824. Prosesi Peringatan HUT Trenggalek juga menjadi magnet tersendiri bagi masyarakat untuk turut memeriahkan dan menyaksikan dari beragam kegiatan yang diselenggarakan. Prosesi dan resepsi selalu meriah, namun kesakralan tetap menjadi hal yang tak pernah di tinggalkan .

Kirab pusaka Trenggalek berupa pusaka utama Tombak Kiai Korowelang, Songsong Tunggul Wibawa, Songsong Tunggul Naga, bendera Parasamya Purnakarya Nugraha, dan replika Prasasti Kamulan yang menjadi simbul penentuan hari jadi Trenggalek.

Kirab Pusaka tahun ini juga di meriahkan oleh drum band dan prajurit Surakarta, lengkap dengan Kereta Kencana Kiai Purbowaseso Nusantara yang di naiki oleh Bupati Trenggalek Emil Elistianto Dardak dan istri Arumi Bachsin. Pop Culture Carnival Garuda yang turut memeriahkan arak arakan, menjadikan ajang berswa foto oleh masyarakat yang menyaksikan di sepanjang jalan yang menjadi rute kirab ini.  

Kirab yang berakhir Pendapa Manggala Praja Nugraha ini  di lanjutkan dengan serahterima pusaka kepada Bupati Trenggalek Emil Elistianto Dardak. Ada yang berbeda saat penyerahan pusaka tahun ini, yakni Bupati Emil menyerahkan pusaka kepada Wakil Bupati Mochammad Nur Arifin. Hal tersebut bukan tanpa maksud, yakni kepemimpinan Emil dardak sebagai Bupati, akan di lanjutkan oleh Moch. Nur Arifin, sebab di tahun 2019 nanti Emil  sudah di lantik sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur.

Setelah penyerahan pusaka, moment yang tak kalah menarik lainya yang di tunggu – tunggu oleh masyarakat yaitu perebutan sedekah bumi, tumpeng Agung dan air jamasan yang diyakini warga masyarakat bisa membawa keberkahan.

 

Bupati Trenggalek, Emil Dardak dalam sambutanya  menyampaikan, bahwasanya peringatan hari jadi Trenggalek ke-824 ini, juga merupakan HUT yang terakhir dalam kepemimpinanya sebagai Bupati. Di sela sambutanya Emil juga berpamitan langsung kepada masyarakat Trenggalek sekaligus memohon sudi kiranya mengundangnya saat peringatan HUT Trenggalek tahun depan.

Selain itu Emil Dardak juga menyampaikan keprihatinanya, baik secara pribadi maupun atas nama Pemkab Trenggalek, kepada seluruh pedagang Pasar Pon Trenggalek yang  kios dan dagangan mereka ludes dalam insiden kebakaran beberapa waktu lalu. Emil juga mengatakan akan tetap menjadikan prioritas bagi kemajuan Trenggalek, walaupun nanti sudah bertugas di tingkat Provinsi. (pit)

Berita Lainya

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.