Media Hiburan dan Informasi

Meriah !! Gebyar Perayaan Kupatan Kelutan Trenggalek

RADIOBOSSFM.COM– Kemeriahan Lebaran Ketupat (kupatan), pada H+7 Idul Fitri di wilayah Kabupaten Trenggalek selalu menjadi magnet tersendiri sekaligus keasyikan yang membuat siapa saja ingin larut menikmati kemeriahanya.

Kupatan di Kabupaten Trenggalek, mulanya hanya di adakan oleh masyarakat Kecamatan Durenan sejak ratusan tahun silam. Seiring berkembangnya zaman, kupatan kini semakin meluas di lakukan di beberapa wilayah lain.

Di Kelurahan Kelutan, Kecamatan Trenggalek, diantaranya yang beberapa tahun ini,  juga merayakan lebaran ketupat (kupatan). Pada tahun ini, lebaran ketupat (kupatan) di laksanakan pada hari Rabu, (12/6/2019).

Perayaan kupatan begitu bermakna antara momen silaturohmi, saling bermaaf maafan, serta harmoni budaya.Semua bergembira, berdoa bersama dan ceria, karena semua hidangan khas ketupat dengan sayur nangka muda di sediakan gratis untuk semua warga.

Sekretaris Daerah Kabupaten Trenggalek Ir. Joko Irianto yang juga hadir dalam kegiatan ini, mengapresiasi dan berharap sebagai ajang untuk memupuk kerukunan antar warga masyarakat.

“Ini sangat bagus sekali untuk menjalin kerukunan, apalagi kita baru saja melaksanakan Pilpres dan Pileg. Otomatis dalam proses tersebut ada perbedaan, dengan acara ini bisa merukunkan dan menentramkan. Sehingga kami saat berharap ini dipelihara dan pemerintah bisa membina untuk lebih baik lagi,”ujar Joko Irianto.

Warga yang merayakan kupatan ini tak hanya penduduk sekitar. Tidak sedikit dari mereka yang juga berasal dari kabupaten tetangga seperti Tulungagung, Kediri, Ponorogo, serta daerah lainnya.

Walaupun harus berdesakan di gang-gang kecil di kawasan Kelutan, mereka menyambangi satu persatu rumah penduduk. Tak hanya mereka yang memiliki sanak saudara, namun kebanyakan dari tamu tidak saling mengenal dengan pemilik rumah.

Tradisi kupatan memang yang menjadi momen keharmonisan dan penuh kebersamaan. Tradisi, budaya dan wisata religi ini tidak lagi mempedulikan apakah itu tetangga, keluarga, apalagi harus seagama. Semua larut untuk turut bergembira. Berbagai acara hiburan, mulai dari pawai budaya, pentas musik, kesenian tiban, jaranan dan reog ponorogo turut mewarnai di setiap jalan Kelurahan Kelutan.

Bagi warga kelutan, menerima tamu dan menjamunya menjadi kepuasan batin tersendiri sebagai bentuk syukur atas nikmat yang telah mereka dapat. Ketika kupatan tiba, maka di seluruh rumah di Kelutan, akan menyediakan aneka jajanan ringan hingga hidangan makanan khas Trenggalek seperti lodho ayam, lodheh tewel dan tentunya menu utama ketupat berbungkus janur kuning. Semuanya bisa dimakan siapa saja dan gratis tentunya.

Baca Juga : Menelisik Lebaran Ketupat Durenan Trenggalek

Nuansa kupatan sendiri biasanya digelar mulai pukul 07.00 WIB hingga makanan ludes tak berbekas. Artinya, selama makanan belum habis, maka tuan rumah biasanya masih membuka rumahnya untuk diserbu pengunjung.

Begitulah, dari tahun ke tahun, kupatan di Trenggalek semakin semarak dan diminati oleh banyak orang karena digelar serentak dan masal.

Berita Lainya