Media Hiburan dan Informasi

Meski Pandemi, Partisipasi Pemilih di Pilkada Trenggalek 2020 Justru Meningkat 

RADIOBOSSFM.COM- Ketua KPU Kabupaten Trenggalek, Gembong Derita Hadi, menyampaikan ucapan terima kasih pada seluruh masyarakat Kabupaten Trenggalek yang telah berpartisipasi dalam gelaran Pilkada 2020, sehingga jumlah partisipasi pemilih di Kabupaten Trenggalek pada tahun ini meningkat dari Pilkada sebelumnya.

“Alhamdulillah partisipasi pemilih Pilkada tahun ini meningkat di banding Pilkada lima tahun yang lalu. Peningkatannya nol koma satu persen,” kata Gembong ketika di konfirmasi melalui sambungan telepon, Selasa (15/12).

Data adanya peningkatan angka partisipasi pemilih ini di dasarkan pada rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara pada Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020 Kabupaten Trenggalek, yang di gelar hari ini, Selasa 15 Desember 2020 di Hall Hotel Hayam Wuruk Trenggalek.

Di jelaskan oleh Gembong, pada Pilkada tahun ini Daftar Pemilih Tetap( DPT) sejumlah 581.880. Sementara untuk pemilih yang hadir di Tempat Pemungutan Suara (TPS) adalah sejumlah 395.114.

Masih kata Gembong, pada Pilkada sebelumnya tepatnya di tahun 2015 partisipasi pemilih saat itu 67,8 %. Kemudian pada Pilkada 2020 ini jumlah pemilih secara prosentase mengalami peningkatan yakni 67,9 % atau naik 0,1 % dari Pilkada sebelumnya.

Pada Pilkada tahun ini, Ketua KPU Trenggalek ini menilai merupakan Pilkada yang cukup sulit karena adanya Pandemi Covid-19. Bahkan Gembong sempat merasa kawatir jumlah pemilih yang berpartisipasi di Pilkada 2020 ini akan mengalami penurunan.

“Namun berkat kerja keras dari seluruh jajaran kami, Alhamdulillah jumlah partisipasi meningkat dan sekali lagi saya sampaikan terima kasih pada seluruh jajaran KPU mulai dari tingkat Kabupaten hingga Desa yang telah bekerja keras serta para pihak yang turut serta mensukseskan Pilkada Trenggalek tahun ini,” ungkapnya.

Perlu diketahui, dari rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara pada Pilkada Tahun 2020 Kabupaten Trenggalek, pasangan nomor urut 1 Alfan – Zaenal mendapatkan perolehan 121.406 suara  atau  31,84 %, sedangkan untuk pasangan nomor urut 2 Arifin – Syah mendapatkan 259.844 suara atau 68,16 %.

Untuk suara tidak sah tercatat sebanyak 13.864 suara, sedangkan untuk pemilih yang tidak hadir dari keseluruhan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 32,10 %. Prosentase pemilih yang tidak hadir tersebut, Gembong menjelaskan hal itu merupakan pemilih  yang berada diluar negeri dan di luar Trenggalek yang tidak pulang karena Pandemi. (pit)

Berita Lainya