Media Hiburan dan Informasi

Operasi Lilin Semeru 2020 Resmi Digelar, Polres Trengglek Terjunkan 86 Personil Inti

RADIOBOSSFM.COM- Dalam rangka pengamanan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, Polres Trenggalek gelar Operasi Lilin Semeru 2020. Operasi ini akan di gelar selama 15 hari, mulai 21 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021. 

Operasi Lilin Semeru 2020 secara resmi di gelar dengan ditandai penyematan pita oleh Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, dalam apel gelar pasukan di halaman Mapolres Trenggalek, Senin (21/12/2020).

Turut hadir dalam apel gelar pasukan ini diantaranya Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, Dandim 0806 Trenggalek, Letkol Arh. Uun Samson Sugiharto, Pejabat utama Polres Trenggalek, Kepala OPD terkait, Basarnas, Tagana, Senkom, Orari dan juga Pramuka.

Dalam Operasi ini, Polres Trenggalek menerjunkan sedikitnya 86 personel inti yang terbagi menjadi beberapa Satgas. Satgas Preemtif, Satgas Preventif, Satgas Kamtibselcarlantas, Satgas Gakkum dan Satgas Banops. Ditambah personel cadangan dan didukung beberapa instansi terkait.

Selain itu juga di dirikan tiga pos pengamanan yakni Pos Agropark, Durenan dan Watulimo serta pos imbangan yang ada di 14 Kecamatan se-Kabupaten Trenggalek.

Perayaan Natal dan Tahun Baru oleh masyarakat secara universal, akan berimbas dalam meningkatnya aktifitas di berbagai tempat termasuk di pusat pusat keramaian. 

“Peningkatan aktifitas masyarakat ini tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, gangguan kamseltibcar lantas, dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19,” kata Kapolres Trenggalek.

Sementara itu berdasarkan mapping kerawanan yang telah dilakukan, AKBP Doni menjelaskan ada beberapa prediksi gangguan kamtibmas yang harus diantisipasi, antara lain ancaman terorisme dan radikalisme, ancaman sabotase, penyalahgunaan narkoba, pesta miras dan aksi perusakan fasilitas umum.

AKBP Doni juga menegaskan perlunya dilakukan pencegahan terhadap berbagai aksi kriminalitas, kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, maupun ancaman bencana alam seperti banjir dan tanah longsor sebagai dampak dari musim penghujan.

Dalam Operasi Lilin Semeru 2020 ini, AKBP Doni menegaskan akan tetap mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional. 

“Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19, sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan rasa aman dan nyaman,” ujar AKBP Doni.

Kapolres Trenggalek juga berharap agar jangan sampai kegiatan perayaan Natal dan Tahun Baru nanti, justru menimbulkan klaster-klaster baru penyebaran Covid-19. (wn)

Berita Lainya