Media Hiburan dan Informasi

Peringatan HDI 2020, Dinsos P3A Trenggalek Gelar Pelatihan Treatment Mandiri

RADIOBOSSFM.COM- Memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2020, Pemerintah Kabupaten Trenggalek melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) bekerja sama dengan Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik Surakarta (BBRSPDF) gelar kegiatan pelatihan cara mengasuh anak berkebutuhan khusus, bertempat di Gedung Bhawarasa Pendapa Kabupaten Trenggalek, Rabu (16/12/2020).

Dalam kegiatan ini juga di hadiri oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Trenggalek, Novita Hardini. Ia menerangkan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dan upaya dari Pemkab Trenggalek dalam memberikan suport dan dorongan, agar para orang tua lebih berdaya dan lebih terasah serta lebih sayang lagi ketika mengasuh anak yang berkebutuhan khusus.

“Ini bentuk suport dan dorongan kami pada para orang tua yang memiliki anggota keluarga berkebutuhan istimewa,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Anak Kabupaten Trenggalek Ratna Sulistyowati menyampaikan, tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan edukasi pada para orang tua. “Kita hari ini mengedukasi bagaimana mentreatment mereka yang berkebutuhan khusus,”terangnya.

Masih kata Ratna, dengan adanya kegiatan ini, para orang tua sebagai orang yang paling dekat dengan anaknya yang berkebutuhan khusus, setelah di bekali materi pelatihan, diharapkan bisa melakukan terapi secara mandiri di rumah.

Perlu diketahui bahwa Hari Disabilitas Internasional (HDI) diperingati setiap 3 Desember. Tujuan diperingatinya yakni untuk memberikan dukungan dan mencapai hak-hak yang seharusnya didapatkan para penyandang disabilitas.

Atau dengan kata lain, tujuan HDI yakni untuk mendukung penuh kesetaraan para penyandang disabilitas dan untuk mengambil tindakan agar penyandang disabilitas diikutsertakan dalam semua aspek masyarakat dan pembangunan.

Pada tahun ini, tema Hari Disabilitas Sedunia adalah “Building Back Better: toward a disability-inclusive, accessible and sustainable Covid-19 World” atau membangun kembali kehidupan yang lebih baik, lebih inklusif, lebih berkelanjutan di masa pandemi Covid-19. Peringatan HDI untuk mengkampanyekan hak-hak penyandang disabilitas ini dimulai dari Resolusi Majelis Umum PBB 47/3 pada 1992. (pit)

Berita Lainya