RADIOBOSSFM.COM
Take a fresh look at your lifestyle.

RSUD dr. Soedomo Trenggalek Buka Layanan Pemeriksaan Swab-PCR Untuk Masyarakat Umum

RADIOBOSSFM- RSUD dr Soedomo Trenggalek melakukan terobosan baru dengan melakukan launching pembukaan SWAB dan PCR  di Pendopo Manggala Praja Nugraha Trenggalek pada Kamis, 08 Oktober 2020. Pembukaan dilakukan oleh Pjs Bupati Trenggalek Drs. Benny Sampirwanto, M.Si.

Direktur RSUD dr. Soedomo Trenggalek dr. Sunarto mengatakan, hal yang melatar belakangi pembukaan SWAB PCR secara mandiri, karena saat ini banyak masyarakat yang membutuhkan keterangan negative Covid-19 dari pemeriksaan SWAB dan PCR, sebagai persyaratan bekerja, melakukan perjalanan dengan moda transportasi umum dan sebagainya. Ditambah lagi selama ini masyarakat kesulitan untuk mencari tempat tes SWAB PCR, dan tarifnya masih sangat tinggi. Dari situ Pemerintah Kabupaten Trenggalek bersama RSUD dr Soedomo hadir menjawab permasalahan yang dihadapi masyarakat tersebut.

Lebih lanjut dr. Sunarto menjelaskan, RSUD memberlakukan tiga tariff untuk pemeriksaan Swab PCR. Tarif Pertama gratis atau dibiayai pemkab, diberikan kepada masyarakat suspek, probabel Covid-19, hasil tracking, dan rekom atau rujukan dari Dinkes Dalduk KB. Sedangkan dua lainnya merupakan tarif bagi masyarakat yang ingin melakukan Swab dan PCR mandiri, yaitu sebesar Rp 350 ribu untuk masyarakat yang memiliki KTP Trenggalek karena ada subsidi pemerintah, dan Rp 788 ribu bagi masyarakat yang ber KTP luar Trenggalek.

Saat ini Gedung Swab dan PCR RSUD dr Soedomo Trenggalek sudah memiliki 2 mesin PCR. Satu mesin manual dan satu mesin automatic. Bagi masyarakat yang ingin melakukan pemeriksaan bisa langsung datang ke loket pendaftaran RSUD pada hari pelayanan sebelum pukul 10.00. Sedangkan pemeriksaan dilakukan sekitar 10.00 hingga 11.00, mengingat antara pukul 08.00 hingga 09.00 digunakan bagi pasien yang mendapatkan rekomendasi dari Dinkesdalduk KB. Selain itu, dalam melakukan pengujian tim dari RSUD menggunakan tiga gen, yaitu N, E, dan RdRp. Sehingga hasil tes Swab dan PCR dinyatakan jika hasil validasi semuanya negatif. Dari jika ada yang positif maka akan dilakukan tes ulang.

Berita Lainya