Media Hiburan dan Informasi

Sapa Warga Watulimo, Mas Ipin Bertekad Jadikan Trenggalek Terdepan di Pesisir Selatan

RADIOBOSSFM– Calon Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin atau biasa disapa Mas Ipin, hari ini Jumat 23 Oktober 2020 berkunjung di Kecamatan Watulimo. Mas Ipin singgah dibeberapa tempat diantaranya bertemu nelayan Pantai Prigi, kemudian berkunjung ke Kampung Baru Prigi dan tidak ketinggalan mengunjungi Rumah Perjuangan Ipin – Syah Kecamatan Watulimo.

Mas Ipin dalam kunjungan kali ini selain berdialog dengan masyarakat dan para kader, juga menyampaikan pelaporan keberhasilan pekerjaanya selama memimpin Trenggalek. Salah satu keberhasilan yang disampaikan mas ipin adalah terkait Indikator Kinerja, dimana Indeks Reformasi Birokrasi yang diawal beliau menjabat hanya 54 point, kini ditahun 2020 naik menjadi 84 point. Dari Indikator Kinerja yang mengalami kenaikan, sehingga mengantarkan Kabupaten Trenggalek untuk pertama kalinya mendapatkan opini atau penilaian terbaik yakni Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Masih menurut Mas Ipin, opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ini sudah 4 tahun berturut turut di dapatkan, dimana sebelumnya  belum pernah di dapat olek Kabupaten Trenggalek. Dari sisi laporan Pertanggungjawaban Pemerintah Daerah, Kabupaten Trenggalek juga mendapat Predikat Kabupaten dengan Kinerja Sangat Tinggi dan masuk 4 besar Terbaik se Jawa Timur. Sedangkan dari sisi Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Trenggalek juga mengalami kenaikan, dimana dulu sistem akuntabilitas nilainya adalah C, tapi saat ini nilainya sudah mampu menjadi BB.

Mas Ipin juga memberikan laporan terkait penurunan angka kemiskinan di Trenggalek. Menurutnya angka kemiskinan di Trenggalek turun dari 14 persen menjadi 10,98 persen. Penurunan angka kemiskinan ini tentu saja di ikuti dengan pertumbuhan ekonomi dari 5 persen menjadi 5,08 persen. Dari segi Investasi yang awalnya dalam 5 tahun ditargetkan sebesar 1 Trilyun rupiah, ternyata hanya dalam waktu 4 tahun bisa mencapai angka 1,2 Trilyun. Tingkat pengangguran terbuka juga menurun, dari 4,17 persen menjadi 3,4 persen. Ini artinya ekonomi di Kabupaten Trenggalek tumbuh secara positif dan angka kemiskinan menurun. Bahkan di tahun 2018-2019 Kabupaten Trenggalek masuk ke dalam salah satu kabupaten yang laju penurunan kemiskinanya terbaik di Jawa Timur.

Selain memberikan laporan keberhasilanya,  Mas Ipin juga memaparkan visinya untuk membuat Trenggalek menjadi salah satu Kabupaten terdepan di Pesisir Selatan. Dengan indikasi telah dibangunya Jalan Lintas Selatan (JLS), kemudian akan ada Tumpak Ontang yang rencananya dipersiapkan lahan 25-40 hektar untuk dijadikan kawasan kota terpadu, dimana disana nanti akan dikombinasi dengan semua fasum yang mengkonekan selatan selatan, Jogja- Malang yang ditengah tengahnya ada kawasan Watulimo.

Mas Ipin juga mengatakan, selain Jalur Lintas Selatan (JLS) disisi utara yang saat ini sudah nyambung dengan jalan nasional yang memotong jalur nasional Tulungagung-Trenggalek-Ponorogo. Bahkan saat ini sudah masuk prakarsa Jalan Tol mulai dari Bandara Kediri-Kertosono-Tulungagung. Diharapkan 2-4 tahun kedepan Trenggalek akan menjadi kota yang sangat dekat dengan kota kota yang lainya. Menurut Mas Ipin potensi inilah yang harus ditangkap oleh masyarakat sebagai satu optimisme.

Berita Lainya