Media Hiburan dan Informasi

Selain mendorong produk UMKM Lorenkis, Ini Program Syah Natanegara di Watulimo

RADIOBOSSFM.COM – Calon Wakil Bupati nomor urut 2 Syah Muhammad Natanegara hari ini Selasa, 26 November 2020 berkunjung ke beberapa titik lokasi yang ada di Kecamatan Watulimo. Salah satunya Syah menemui para petani Lorenkis (Gula aren Pakis) yang berada di Desa Ngrencah.

Ditemui usai acara, Syah Natanegara mengatakan jika di Kabupaten Trenggalek produk Lorenkis ini hanya ada di Desa Ngrencah, Kecamatan Watulimo. Untuk produk olahan lorenkis ini, menurut Syah dalam pemasaranya sudah menyasar sampai ke supermarket. Namun begitu para petani mengaku masih terkendala dalam distribusi yang selama ini masih harus melalui pengepul sehingga harga yang diterima petani belum sesuai harapan. Untuk itu Syah mengatakan akan mendorong para petani agar lebih kreatif lagi. Pihaknya juga akan membantu mengajarkan pengemasan yang lebih baik, pengurusan izin dan lain lain. Syah  berharap dengan semakin kretif petani dalam pengemasan, maka akan membawa imbas meningkatnya harga jual.

“Kalau 1 botol 15.000 kalau di kemas lebih baik, di urus perijinannya, dan juga label hallal kira kira nilai jual bisa dua atau tiga kali lipat dari harga saat ini,” ujar Cawabup Syah Natanegara.

Selain menemui petani lorenkis, pasangan dari Mochamad Nur Arifin ini juga meninjau kondisi infrastruktur di Desa Ngrencah untuk pemulihan perekonomian pasca corona.

Lebih jauh Syah Natanegara menjelaskan, banyak ide dan program dari Ipin-Syah untuk memajukan Kabupaten Trenggalek. Diantaranya program 100 Desa wisata dan Program Desa Terang.

Kabupaten sudah menghitung sendiri wilayah wilayah mana yang belum diterangi oleh lampu sehingga kedepan secara bertahap akan kita realisasikan untuk bisa menerangi seluruh desa yang ada di Kabupaten Trenggalek,” imbuh Syah.

Sementara itu Bambang Sutopo, Anggota Dewan dari Fraksi PDIP  sekaligus juru kampanye IPIN-Syah yang juga hadir dalam kegiatan ini mengatakan, memang pihaknya menghendaki antara partai dan paslon yang di usung berkolaborasi terkait program. Seperti di Desa Ngrencah ini banyak sekali keluhan masyarakat. Ketika pemimpin lebih dekat dengan masyarakat, maka akan mendengar keluhan dari masyarakat dengan baik. Apalagi Desa Ngrencah ini terisolir karena insfrastuktur jalan yang rusak.

“Itu nanti kami breakdown dan kami komunikasikan dengan calon pemimpin sehingga nanti bisa terpenuhi apa yang di harapkan oleh masyarakat,”ujar Bambang Sutopo.

Ditemui ditempat yang sama salah satu warga Desa Ngrancah, Jhon Siran mengatakan sangat senang dan berterimakasih atas kunjungan Cawabup Syah Natanegara di desanya. Jhon berharap, jika nanti pasangan Ipin-Syah jadi pemimpin, pembangunan insfratruktur di desanya bisa di wujudkan.

“Kedepan kalau Pak Syah sudah dilantik semoga jalan yang rusak diperbaiki dan lampu jalan di nyalakan,” ungkap salah seorang petani lorenkis, Jhon Siran.

Berita Lainya