Media Hiburan dan Informasi

Selama Libur Natal 2020 Dan Tahun Baru 2021, Pengendara Yang Masuk Trenggalek Akan Di Rapid Antigen Gratis

RADIOBOSSFM.COM- Mengantisipasi terjadinya persebaran Covid-19 di Kabupaten Trenggalek saat libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, Pemkab Trenggalek beserta jajaran Forkopimda mengatur beberapa kebijakan. Diantaranya akan melakukan pelayanan Rapid Test Antigen bagi pelaku perjalanan dari luar kota yang masuk ke Kabupaten Trenggalek. Hal tersebut di sampaikan Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin, saat pers rilis melalui teleconfrence di Gedung Smart Center Trenggalek, Rabu (23/12/2020).

Berdasarkan Surat Edaran dari BNPB No.3 Tahun 2020 tentang protokol kesehatan. Yakni perjalanan orang selama libur Hari Raya Natal dan menyambut Tahun Baru 2021 dalam masa pandemi Covid-19, bahwa untuk perjalanan antar Kabupaten/Kota, pelaku perjalanan yang menggunakan moda transportasi udara dan kereta api antar kota wajib menunjukkan hasil negatif rapid test antigen paling lama 3×24 jam sebelum keberangkatan. 

Kemudian Untuk transportasi darat baik pribadi maupun umum sebelum keberangkatan, sebagai persyaratan perjalanan dihimbau menggunakan rapid test antigen selama 3×24 jam sebelum keberangkatan.

“Atas dasar kebijakan Surat Edaran tersebut maka mulai 24 Desember 2020 sampai 4 Januari 2021, secara random atau acak , Pemkab Trenggalek akan menggelar operasi gabungan pelayanan rapid test antigen gratis bagi pelaku perjalanan yang akan masuk ke Kabupaten Trenggalek,” ujar Nur Arifin.

Hal tersebut dimaksudkan untuk memastikan kesiapan dan kedisiplinan para pelaku perjalanan dalam mematuhi protokol kesehatan dan untuk mitigasi resiko penyebaran Covid-19 di Kabupaten Trenggalek.

Selain itu Nur Arifin juga mengatakan dari analisa ahli epidemologi Satgas Covid-19 Provinsi Jawa Tmur, yang menunjukkan grafik bahwa setiap pasca hari libur atau hari besar, kasus Covid-19 selalu terjadi kenaikan. Untuk itu Pemkab Trenggalek akan memperketat kedisiplinan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan agar hal serupa tidak terulang.

Untuk rapid antigen sendiri akan dilakukan di dua lokasi berbeda. Yakni untuk perbatasan Trenggalek- Tulungagung di lakukan rapid antigen di Puskesmas Baruharjo, Kecamatan Durenan, yang di peruntukkan bagi pelaku perjalanan dari Tulungagung menuju Trenggalek. Sementara bagi pelaku perjalanan dari Ponorogo yang masuk ke Trenggalek akan di lakukan rapid antigen di Puskesmas Pucanganak, Kecamatan Tugu.

“Rapid antigen ini beda dengan rapid antibodi, jika rapid antibodi menggunakan sample darah, maka rapid antigen ini dilakukan dengan metode swab melalui rongga hidung dan rongga mulut,” kata Arifin.

Dalam surat edaran juga di sebutkan tidak wajib melakukan rapid antigen bagi anak-anak usia dibawah 12 tahun.

Berita Lainya