RADIOBOSSFM.COM
Take a fresh look at your lifestyle.

Tahun 2021, UN Bakal di ganti dengan Asesmen Nasional

RADIOBOSSFM– Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, yang menyatakan bahwa Asesmen Nasional tidak hanya dirancang sebagai pengganti Ujian Nasional dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional, tetapi juga sebagai penanda perubahan paradigma tentang evaluasi pendidikan.

Dikutip radio Boss dari liputan6.com, menurut Nadiem dengan hal ini tidak lagi mengevaluasi capaian peserta didik secara individu, akan tetapi mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses, dan hasil.

Asesmen Nasional, akan terdiri dari 3 bagian, yaitu

1. Asesmen Kompensasi Minimun (AKM) untuk mengukur capaian peserta didik dari hasil belajar kognitif, yaitu literasi dan numerasi.

2. Survei karakter, untuk mengukur capaian peserta didik dari hasil belajar sosial-emosional berupa karakter untuk mencetak Profil Pelajar Pancasila.

3. Survei lingkungan belajar, untuk mengevaluasi dan memetakan aspek pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan sekolah.

Selain itu, Nadiem Makarim juga menenegaskan bahwa, “Asesmen Nasional untuk tahun 2021 tidak memerlukan persiapan-persiapan khusus maupun tambahan yang justru akan menjadi beban psikologis tersendiri. Tidak usah cemas, tidak perlu bimbel khusus demi Asesmen Nasional.”

Sekolah dan dinas pendidikan akan dibantu dengan cara menyediakan laporan hasil asesmen yang menjelaskan profil kekuatan dan area perbaikan tiap sekolah dan daerah.

 

 

 

Berita Lainya