Media Hiburan dan Informasi

Tak Lama Lagi, Masyarakat Bisa Menikmati Rest Area Anjungan Cerdas Trenggalek

RADIOBOSSFM- Rest Area Anjungan Cerdas Tugu Trenggalek di Desa Ngelinggis, Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek, proses pembangunannya sudah selesai pada akhir tahun 2018 lalu.

Pengelolaan Anjungan Cerdas ini dalam waktu dekat di rencanakan segera dilimpahkan kepada Pemerintah Kabupaten Trenggalek. Hal tersebut di sampaikan oleh Kepala Pusat Pengembangan Kawasan Strategis BPIW Ir. Kuswardono, saat melakukan peninjauan di lokasi Anjungan Cerdas, Senin (28/1/2019).

Melansir Humas Pemkab Trenggalek, Peninjauan Anjungan Cerdas ini yang juga di dampingi Ir. Firman H. Napitupulu, Sekretaris Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW), Plt. Sekda Trenggalek, Drs. Pariyo dan Kepala OPD terkait.

“Saat ini kita meninjau kesiapan Anjungan Cerdas ini untuk dihibahkan kepada Pemerintah Kabupaten Trenggalek. kami tadi sudah sepakat dengan Plt Sekda Trenggalek, pelimpahan ini akan segera kita proses dalam waktu dekat ini,” tutur Kuswardono.

Kuswardono berharap, dengan segera dilimpahkan Anjungan Cerdas ini agar bisa segera dimanfaatkan. Sementara, sambil menunggu pelimpahan, akan dilakukan pemanfaatan bersama terlebih dahulu.
Mega Proyek yang menelan anggaran lebih Rp. 60 miliar yang bersumber dari APBN. Proyek Anjungan Cerdas ini merupakan percontohan untuk pengembangan “rest area” (tempat peristirahatan) para pengendara yang melintas di jalur selatan Jawa Timur.

Dengan mengadopsi konsep “rest area” multifungsi yang banyak ditemukan di Jepang yang dikenal dengan istilah “michi-no-eki”.

Selain sebagai peristirahatan untuk sopir atau pengendara lintaskota/provinsi (jarak jauh), ajungan cerdas juga memiliki fungsi sebagai area pendidikan, rekreasi, pengembangan produk unggulan ekonomi lokal, konservasi, pusat informasi, tempat makan, gerai traveler/ATM. Dan jika proyek Bendungan Tugu yang diperkirakan selesai tahun 2022, di area tersebut tentu nantintya akan terwujud satu pemandangan wisata alam yang indah.

Berita Lainya