Media Hiburan dan Informasi

Tak Main Main, Kapolres Trenggalek Siapkan Hadiah Rp 10 Juta Bagi Warga Yang Menginformasikan Tindakan Money Politic

RADIOBOSSFM.COM– Ingin turut serta melahirkan pemimpin daerah yang bersih dan berintegritas, Polres Trenggalek bergerak membentuk Satgas Anti Money Politic pada Rabu (2/12/2020).

Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring mengatakan, pihaknya mengimbau kepada seluruh pemilik hak suara untuk menolak politik uang. Pasalnya, politik uang akan menciderai citra pilkada.

“Tentu dalam pelaksanaan pilkada harus, dilakukan dengan jujur dan adil. Tidak boleh ada politik uang, karena dapat mencoreng asas pemilu atau pilkada,” jelasnya di Mapolres Trenggalek. 

AKBP Doni juga mengatakan sebagai upaya lain pihaknya juga akan menggandeng masyarakat untuk ikut peduli menciptakan pilkada bersih, dengan menyiapkan tanda terima kasih berupa uang tunai Rp 10 juta, bagi yang mau menginformasikan adanya tindakan money politic.

“Satgas Anti Money Politic sudah kami bentuk. Ini sebagai bentuk antisipasi kecurangan – kecurangan yang terjadi di Pilkada Kabupaten Trenggalek tahun 2020 ini,” ucap AKBP Doni.

Kapolres Trenggalek ini juga sangat berharap agar para kontestan calon bupati dan wakil bupati beserta tim suksesnya, tidak menggunakan politik uang yang dapat merusak citra pilkada yang bersih, jujur dan adil.

Disampaikan AKBP Doni yang juga mantan Kasubdit Tipikor Polda Sumatera Utara ini, informasi yang diterima bahwa ada dugaan tindakan yang mengarah pada politik maupun pemberian sembako pada masyarakat. Ada juga tindakan meminta fotokopi KTP warga yang kemungkinan digunakan sebagai bukti dukungan kepada paslon tertentu. Informasi tindakan tersebut banyak terjadi di kecamatan pinggiran atau daerah pegunungan.

Dari adanya dugaan tindakan yang bisa menciderai pilkada tersebut, AKBP Doni mengajak masyarakat memberikan informasi akurat adanya tindakan money politik. Baik yang menemukan tindakan pemberian uang maupun sembako, dengan tujuan mencoblos salah satu paslon. Tidak tanggung – tanggung, tanda terima kasih berupa uang tunai Rp 10 juta telah disiapkan.

Caranya, lanjut AKBP Doni, masyarakat bisa langsung menghubungi nomor telepon Kasatreskrim Polres Trenggalek yang juga tim penegakan hukum terpadu (Gakkumdu) Polres Trenggalek AKP Tatar Hermawan, di nomor 081231907979.

“Saya mengimbau kepada masyarakat untuk memberikan informasi apabila di daerahnya terdapat kecurangan money pilitik maupun berupa sembako, dengan ajakan ke arah salah satu paslon. Apabila ada yang bersedia kami siapkan tanda ucapan terima kasih yang cukup layak, dimana identitas pelapor tetap terjaga,” tegasnya.

Lebih lanjut, Kapolres juga mengajak masyarakat untuk terus menjaga protokol kesehatan dalam pencoblosan tanggal 9 Desember 2020 nanti. Diharapkan masyarakat bisa memberikan hak suaranya dan tidak golput. “Polri dan TNI siap mensukseskan pelaksanaan Pilkada Bupati/Wakil Bupati Trenggalek 2020,” pungkasnya.

Berita Lainya