RADIOBOSSFM.COM
Take a fresh look at your lifestyle.

Ternyata Ada Benteng Pengintai di Balik Indahnya Pantai Konang

RADIOBOSSFM– Pantai Konang yang berada di Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek, tidak hanya memiliki potensi keindahan alam pantai dan pegunungan yang menakjubkan. Namun ternyata belum banyak yang tahu kalau di sekitar lokasi itu terdapat bangunan benteng yang mempunyai nilai historis sejarah.

Sebuah BENTENG pengintai pada masa penjajahan, yang kini masih berdiri kokoh di antara semak belukar di sebuah kawasan milik Perhutani yang lokasinya tak jauh dari bibir Pantai Konang.

Di perkirakan, melihat dari bentuknya, benteng pengintai ini di bangun pada zaman jepang sebagai pertahanan untuk mengintai musuh.

Kepala Seksi Pelestarian Tradisi Sejarah dan Cagar Budaya, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek, Agus Prasmono menerangkan, di sepanjang pantai selatan ada beberapa daerah yang terdapat BENTENG pengintai. Antara lain Trenggalek, Jember Selatan dan Banyuwangi selatan.

“Di Trenggalek sendiri sebetulnya ada dua , akan tetapi yang satu sudah hilang di karenakan faktor alam berupa abrasi banjir,” Ujar Agus, Kamis (31/01/2019).

Benteng pengintai yang di perkirakan peninggalan Tentara Jepang ini, Agus mengaku sudah di identifikasi oleh Balai Pelestarian Benda Cagar Budaya (BPCB) Trowulan pada tahun 2017 silam, dan sudah di tetapkan sebagai benda cagar budaya.

Di konfirmasi akan potensi di jadikan obyek wisata sejarah, Agus menjelaskan, lokasi tersebut merupakan kawasan milik Perhutani. Maka dari itu untuk perawatan dan lain lain, termasuk kalau nantinya akan di buka untuk wisata sejarah, harus ada komunikasi dulu dengan pihak Perhutani.

“Kedepannya memang ada rencana di jadikan lokasi wisata. Mengingat lokasi benteng tersebut masuk di kawasan pantai Konang, sehingga di mungkinkan dulu ada pendaratan di pantai tersebut. maka dari itu ada rencana nantinya di gabungkan antara wisata pantai dan wisata sejarah,” Ujar Agus.

Di perkirakan benteng tersebut di gunakan pada zaman penjajahan tahun 1942 sampai menjelang kemerdekaan. Yang berfungsi sebagai tempat pengintai dan pertahanan tentara Jepang dari serangan musuh.

Berita Lainya

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.