RADIOBOSSFM.COM
Take a fresh look at your lifestyle.

Tradisi Bersih Dam Bagong, Para Petani Larung Kepala kerbau Bule

RADIOBOSSFM Warga Kelurahan Ngantru Kecamatan Trenggalek, bersama para petani yang teraliri air sungai Dam Bagong menggelar tradisi bersih Dam Bagong Jum’at Kliwon 03 Agustus 2018. Acara ini rutin digelar setiap tahunnya dengan ditandai larung kepala kerbau bule di Dam Bagong. Tujuannya, untuk mengenang jasa Ki Ageng Menak Sopal yang berhasil membangun pusat irigasi persawahan. Sebelum dilempar ke dalam dam, terlebih dahulu potongan kepala kerbau dan beberapa bagian tubuh kerbau diarak keliling kampung menuju makam sesepuh Trenggalek, Ki Ageng Menak Sopal, selanjutnya dilakuan berbagai prosesi seremonial.

Bupati Trenggalek Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, didampingi Ketua TP PKK, Arumi Bachcin  ikuti seluruh rangkain tradisi ini. Menurut Emil Dardak bersih Dam Bagong ini dinilai tradisi ini kaya akan sejarah. Bupati Trenggalek, Emil Elestianto Dardak mengatakan, prosesi bersih Dam Bagong merupakan bentuk pelestarian budaya yang telah ada sejak ratusan tahun silam. Tradisi semacam ini merupakan salah satu cara melestarikan warisan leluhur. menjadi bagian dari bangsa yang kaya akan sejarah dan ritual yang tidak menjauhkan kita dari keagamaan kita sebagai makhluk berketuhanan. Selain itu tradisi bersih dam bagong juga memiliki makna-makna filosofi dan simbol-simbol yang mewujudkan budi pekerti yang luhur yang sebenarnya. Emil menambahkan Trenggalek patut berbangga, karena punya legenda seorang Pahlawan Insfratuktur yakni Ki Ageng Menak Sopal.

Sementara itu Arumu Bachsinyang turut hadir mendampingi sang suami juga menyatakan kekagumanya atas tradisi bersih dam bagong ini. Arumi juga mengatakan akan merasa kangen dengan berbagai tradisi yang ada di Trenggalek. mengingat sebentar lagi dia akan meninggalkan trenggalek untuk mengikuti tugas sang suami yang menjabat sebagai wakil gubernur jawa timur.Sementara itu salah seorang warga yang ikut saling berebut kepala kerbau, mengaku cukup senang bisa berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.  Arumi berharap, pada tahun ini para petani Trenggalek semakin makmur dan mendapatkan hasil panenan yang melimpah dan dijauhkan dari serangan hama. (wn)

 

Berita Lainya

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.