Media Hiburan dan Informasi

Trenggalek Innovation Festival 2020 Digelar di Anjungan Cerdas Rest Area Tugu, Ini Pesan Bupati Nur Arifin

RADIOBOSSFM.COM- Pemerintah Kabupaten Trenggalek kembali menggelar Trenggalek Innovation Festival (TIF) 2020. Bertempat di Anjungan Cerdas Rest Area Tugu, Senin (14/12/2020), acara dibuka secara virtual oleh Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin via Zoom.

Dalam sambutanya melalui daring, Arifin mengucapkan selamat kepada Pemerintah Kabupaten Trenggalek dan para OPD atas konsistensinya dalam menyelenggarakan TIF.

“Tetapi saya hanya ingin mengingatkan bahwa inovasi yang kita lakukan ini bukan sekedar untuk di festivalkan, kemudian di ikutkan lomba Kovablik dan sebagainya kemudian kita hanya mengejar juaranya saja,” ungkapnya.

Arifin juga menegaskan bahwa setiap inovasi harus memahami visinya. Menurutnya jika sudah paham visinya, kemudian harus dicari regulasinya yang sportif, baru kemudian mencari mitra kolaborasi dan mengeksekusi dengan kreatifitas dengan kreasi.

“Maka itulah yang dinamakan dengan inovasi. Tapi kalau ada Trenggalek Inovation Festival maka pasti di dalam TIF itu ada inovasi pelayanan publik,” kata Nur Arifin.

Pria yang pernah meraih rekor MURI sebagai Wakil Bupati termuda ini juga menekankan dengan digelarnya TIF ini ia berharap di dalamnya ada percepatan dan perbaikan standart operasional prosedur. Selain itu juga memastikan adanya pekerjaan pekerjaan yang di eksekusi dengan lebih efektif dan efisien, sehingga masyarakat bisa terlayani lebih baik dan lebih puas.

“Maka nanti saya titip pada Ibu Novita. Bu Novita kan nanti keliling ke OPD OPD. Tolong ditanya inovasi ini menjawab visi yang mana, terus mensolusikan apa. Terus kalau ini dilakukan manfaatnya buat rakyat apa, dan bisa merubah kehidupan masyarakat seperti apa, kira kira masyarakat nanti puas nggak,” tuturnya.

Masih menurut Arifin jika Inovasi itu tidak menjawab visi dan tidak memuaskan masyarakat, kedepan di gelaran TIF selanjutnya tidak boleh dimasukkan. “Berarti mungkin cuma sekedar bikin bikin aplikasi tapi tidak dimanfaatkan dan tidak ada manfaatnya buat masyarakat. Masyarakat tidak bisa merasakan berkah itu,” ujar Bupati Nur Arifin.

Jadi inovasi yang di harapkan harus benar benar bisa landing membumi, dirasakan oleh masyarat dan ujungnya adalah kepuasaan yang dirasakan oleh masyarakat.

“Jadi itu sebenarnya yang kita kejar di Old Times Gold atau tujuan final daripada semua inovasi yang kita dorong adalah bagaimana kita bisa melayani masyarakat lebih baik, lebih cepat lagi, prosedur diperpendek itu sebenarnya yang kita harapkan dari Trenggalek Innovation Festival,” pungkasnya. (pit)

Berita Lainya