RADIOBOSSFM.COM
Take a fresh look at your lifestyle.

Wabup Arifin Hadiri Silaturohmi Ulama Umaro’ dan Pengukuhan DP MUI Trenggalek

bossfm917.com, TRENGGALEK- Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Trenggalek, masa khidmat 2018 -2023 resmi dikukuhkan, Rabu (5/12/2018) di Pendopo Manggala Praja Nugraha  Kabupaten Trenggalek. Diharapkan MUI dapat melakukan program-program untuk kemajuan masyarakat, serta bekerja sama dengan semua pihak dalam menjaga kondusifitas wilayahnya.

Prosesi Pengukuhan oleh perwakilan MUI Jawa Timur Drs. KH. Sudjak M.Ag yang diikuti oleh seluruh pengurus MUI Kabupaten Trenggalek. Pengukuhan kepengurusan baru ini diketuai oleh Dr. KH. Syafi’i dan Sekretaris Drs. Jamaliddin Malik. Agenda pengukuhan  yang juga disaksikan oleh Wakil Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin, Forkopimda, Ketua DPRD, Kapolres serta Dandim 0806 Trenggalek.

Wakil Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin dalam sambutanya memberikan ucapan selamat kepada kepengurusan MUI yang baru. Sementara berkaitan dengan kondisi keagamaan Trenggalek, Arifin mengatakan sejauh ini terbilang baik dan kondusif. Namun demikian Arifin berpesan, saat ini adalah momentum di mana umat Islam sedang di uji, dengan munculnya  golongan golongan besar.yang menunjukkan keberpihakan dan mengklaim kebenaranya masing masing. Dari hal tersebut peran MUI sangat di perlukan.

“itu adalah seharusnya tugas dari MUI.untuk meleburkan itu semua walaupun itu perkara yang tidak mudah. Tapi saya bersyukur Alhamdulillah melihat komposisi beliau beliau yang di kukuhkan sudah legkap. Dari kelembagaan, ada Nahdliyin ada, Muhammadiyah, jadi lengkap,”tutur Arifin.

Sementara itu Ketua MUI Kabupaten Trenggalek, Syafi’i mengungkapkan, Setelah di kukuhkan,, kedepan MUI berkomitmen dalam menjalankan program programnya  demi kedamaian dan kesejukan bagi masyarakat Trenggalek.

“Lima  tahun kedepan mudah mudahan kita bisa menjalankan program ini terutama yang berkaitan bagaimana kita bisa menjadi penengah, menjadi pengayom dan penyejuk, sehingga Trenggalek dengan kehadiran MUI ini bisa bekerja sama dengan semua pihak untuk menjaga Kabupaten Trenggalek  tetap tenang dan kondusif,” ungkap Syafi’i.

Baca Juga : Beberapa Bakal Calon Kades Yang Juga Mengikuti Kontestasi Pileg, Ini Tanggapan Dinas PMD

Syafi’i menambahkan ada beberapa hal yang ada di masyarakat yang di rasa perlu adanya edukasi dan sosialisasi dari MUI, Syafii mencontohkan di antaranya tentang memandikan jenazah yang kebanyakan di masyarakat masih di dominasi oleh kaum wanita. Kemudian perlunya edukasi  bagi pengusaha pengusaha laundry tentang thaharah, yang adakalanya pakaian najis di cuci bersama pakaian yang tidak najis. Walaupun hasilnya terlihat bersih tapi tentu tidak untuk kesucianya.

“selanjutnya yang akan menjadi pembahasan adalah program-program kepengurusan MUI, yang terdiri dari beberapa komisi. Di antaranya, komisi fatwa, komisi ukhuwah islamiyah, komisi pemberdayaan ekonomi umat, komisi perempuan remaja dan keluarga, serta komisi-komisi yang lainnya,” Pungkas Syafi’i.

Berita Lainya

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.