RADIOBOSSFM.COM
Take a fresh look at your lifestyle.

Walaupun Sederhana, Hari Jadi Trenggalek ke-826 Tetap Di Gelar

RADIOBOSSFM.COM– Kabupaten Trenggalek pada 31 Agustus 2020 ini genap berusia 826 tahun. Akan tetapi pada tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya yang selalu di rayakan dengan meriah dengan berbagai agenda kegiatan. Dalam peringatan Hari Jadi ke-826 masyarakat hanya bisa menyaksikan secara virtual atau live streaming melalui kanal Youtube Pemkab Trenggalek.

Walaupun prosesi hari jadi di gelar dengan sederhana, akan tetapi kegiatan adat seperti  jamasan pusaka, ziarah ke makam leluhur seperti Kanjeng Jimat, Ki Ageng Menak Sopal serta kegiatan sakral lainya tetap digelar dengan menerapkan protokol kesehatan.

Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin usai pelaksanaan jamas pusaka mengatakan, jamas pusaka menjadi simbol yang diandalkan (piandel) daerah rutin digelar setiap tahunnya.

Pusaka Trenggalek seperti Tombak Korowelang, Songsong Tunggul Nogo, adalah yang selalu rutin di lakukan penjamasan di setiap peringatan hati jadi Trenggalek. Penjamasan kali ini di lakukan  pada hari Minggu (30/08/20), sekitar pukul 13.00 WIB.

“Jamasan pusaka ini akan terus kami laksanakan setiap tahun pada perayaan hari jadi Trenggalek,” ungkap Gus Ipin sapaan akrab Bupati Trenggalek.

Semua rangkaian kegiatan mulai dari jamasan pusaka, ziarah ke para leluhur, serta istigosah yang digelar di dua tempat yakni Desa Kamulan dan Pendopo secara online. Walaupun dilaksanakan sederhana, namun tetap berjalan khidmat serta tidak mengurangi sedikitpun kesakralannya.

Moch Nur Arifin juga mengatakan, puncak peringatan hari jadi Trenggalek adalah akan di gelar besok, Senin (31/08/20). Mengingat saat ini masih di masa pandemi, masyarakat diimbau agar tidak hadir secara langsung di lokasi. Akan tetapi di anjurkan untuk menyaksikan di rumah saja melalui Live Streaming yang disiarkan Pemerintah Kabupaten Trenggalek.

“Memang berbeda dalam prosesi Hari Jadi Trenggalek ke-826 tahun ini. Prosesinya dilakukan dengan mengundang tamu terbatas. Semua vendor menggunakan lokal, mulai pembatik, jahit pengantar pusaka delmannya semua lokal dan tujuannya untuk mengungkit ekonomi lokal,” tutur Arifin.

Puncak peringatan hari jadi Kabupaten Trenggalek ke-826 yang jatuh pada hari Senin 31 Agustus 2020. Pagi hari di awali dengan kegiatan  kirab pusaka serta di lanjutkan acara inti prosesi hari jadi.

Bupati arifin juga memberikan imbauan bahwa prosesi hari jadi kali ini masyarakat agar menyasaksikan dari rumah. Bupati tidak mengundang dan tidak menyarankan masyarakat untuk berbondong-bondong datang ke Pendapa seperti pada tahun-tahun sebelumnya. (wn)

Berita Lainya