Media Hiburan dan Informasi

Wujudkan 100 Desa Wisata, Disparbud Trenggalek Survei Destinasi Wisata Sungai Pandean

RADIOBOSSFM.COM– Merealisasikan Visi Misi dari Bupati Trenggalek dalam mewujudkan 100 Desa Wisata, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek mulai melakukan survei di berbagai lokasi di wilayah Kabupaten Trenggalek, Minggu (24/1). Salah satu potensi  destinasi wisata yang dilakukan survei kali ini adalah destinasi wisata alam yang berada di desa Pandean Kecamatan Dongko.

Kepala Bidang Destinasi Wisata, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Tenggalek, Tony Widiarto mengatakan, hal ini merupakan bentuk dukungan terhadap visi misi Bupati Trenggalek untuk mengembangkan 100 desa wisata di Kabupaten Trenggalek.

Disparbud Kabupaten Trenggalek melakukan survei dan uji coba pada beberapa produk destinasi wisata yang ditawarkan oleh Pokdarwis Arum Pulosari desa Pandean, Kecamatan Dongko yang memiliki potensi wisata alam menarik untuk dikembangkan.

“Ini cukup menarik karena disini ada daya tarik wisata alam, daya tarik wisata buatan maupun wisata budaya,” ujar Tony.

Pokdarwis desa Pandean menurut Tomy sudah mulai melakukan berbagai persiapan pendukung di lokasi wisata ini. Diantaranya pengadaan base camp untuk meeting point dan fasilitas homestay. “Kita juga mengunjungi beberapa lokasi rumah yang nantinya bisa di jadikan homestay,” imbuhnya.

Meskipun destinasi di desa Pandean  ini masih dalam masa rintisan namun Tomy menilai konsep desa wisata  sangat menarik dan cocok untuk diterapkan terutama dimasa pandemi. Untuk itu menurutnya desa wisata harus punya paket wisata sehingga akan bisa mengontrol dari jumlah kunjungan, bisa mengidentifikasi asal usul para wisatawan serta bisa membatasi kunjungan sehingga semua bisa terkendali.

Sementara itu Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Arum Pulosari, Ririn Setyo Widyastuti, ia bertekad kedepan akan terus mengembangkan potensi wisata yang ada di desanya. Baik itu dari sisi seninya, budayanya maupun wisata alamnya. Sehingga masyarakat khususnya desa Pandean akan merasa handarbeni (merasa ikut memiliki) terhadap alam di wilayahnya

“Insya alloh kami akan eksis disini, bismillah mulai saat ini dan seterusnya akan kami kembangkan semampu kami,” tegasnya.

Potensi wisata alam yang dimiliki desa Pandean diantaranya keindahan sungai dengan beragam bebatuan serta debit air yang jernih. Sehingga wisatawan selain bisa menikmati keindahan alam, kedepan sungai ini bisa di optimalkan untuk olah raga air seperti river tubing.

Selain itu potensi lainya di sekitar destinasi wisata ini juga terdapat jurug atau air terjun yang akan membuat wisatawan semakin betah.

Meskipun fasilitas di lokasi wisata ini yang terbilang masih minim, Ririn mengatakan pokdarwis arum pulosari akan tetap berusaha melayani yang terbaik bagi wisatawan yang datang.

“Kami akan melayani sepenuh hati bagi wisatawan yang datang di desa kami khususnya ke pokdarwis arum pulosari ini,” pungkas Ririn.

Berita Lainya