Menaker: 12 Persen Pengangguran Karena Tidak Adanya Link

Pengangguran pencari kerja (ilustrasi). Menaker Ida Fauziyah sebut 12 persen pengangguran karena tidak punya link and match.

radiobossfm.com, Trenggalek – Menteri Tenaga Kerja  RI, Ida Fauziyah, mengungkapkan sebanyak 12 persen pengangguran di Indonesia didominasi lulusan sarjana dan diploma. Ida menilai, hal tersebut terjadi lantaran tidak adanya link and match antara perguruan tinggi dengan pasar kerja.

Ida menuturkan, jumlah kelompok pekerja saat ini didominasi dari lulusan pendidikan SMP dan Sekolah Dasar. Sementara yang menganggur justru lulusan SMK, diploma dan sarjana. Ida berharap melalui program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) yang dilaksanakan oleh Kemendikbudristek RI bisa mengurangi angka pengangguran dan banyak lulusan diploma dan sarjana yang diterima pasar kerja.

Ida berharap program magang kerja bagi para mahasiswa bisa mengurangi kesenjangan antara lulusan perguruan tinggi dengan pasar kerja. Ida juga mengomentari soal banyaknya buruh yang menjadi korban PHK akibat terkena dampak penurunan ekonomi global sekarang ini. Ida mengatakan pemerintah belum memikirkan untuk memberikan subsidi upah seperti dalam tiga tahun terakhir. Menurutnya subsidi upah saat itu diberikan karena adanya kondisi pandemi dan penyesuaian kenaikan harga BBM. (Rid)

 

SUMBER : REPUBLIKA

Editor: Rida Yuyun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hubungi Kami
1
Hubungi Kami
Scan the code
Hallo Radio BOSS FM